Penyadapan yang Diperdebatkan!

uploads--1--2015--06--14259-kpk-soal-kewenangan-penyadapan-dpr-tunggu-dinamika-fraksi SANGAT jelas saat ini KPK terus diserang kiri dan kanan dengan banyak kepentingan. Seperti pengulangan terhadap kejadian yang sama untuk KPK, dengan cara yang berbeda agar lembaga super body ini tak terlalu garang.

Saat ini  sangat kentara  ada upaya melemahkan fungsi-fungsi KPK, salahsatunya dengan mencabut fungsi penyadapan. Padahal fungsi penyadapan KPK tetap penting, hanya perlu pengawasan.

Yang utama saat ini, bagaimana ada kekuasaan yang harus diatur. Karena tidak ada di negara demokrasi sebuah kekuasaan yang begitu absolut tidak boleh diawasi oleh siapapun.

Baca Juga :   Tata Ulang Median Jalan Pedestrian di Palembang

Memang semuanya jangan kebablasan hingga penyadapan KPK tetap bisa dilakukan, namun tanpa melanggar aturan atau hak asasi seseorang. Salah satunya adalah KPK perlu melaporkan hasil penyadapannya dalam kurun waktu tertentu.

Untuk itu dengan pengaturan yang tegas fungsi penyadapan KPK berjalan tapi nanti ada kurun waktu tertentu, karena penyadapan akan menyentuh wilayah pribadi dan bisa melanggar HAM.

Untuk diketahui di negara-negara maju di Amerika dan Eropa penyadapan  harus dilaporkan, meski ada beberapa sistemnya yang perlu meminta keputusan dulu dari pengadilan.

Baca Juga :   OTT KPK dan Siapa Lagi Berikutnya ?

Nah apakah penyadapan di KPK sudah diatur sedemikian rupa, atau malah menjadi tak terkendali. Hingga bisa jadi merugikan beberapa pihak yang sama sekali tak korupsi. (***)

Publisher : Ferdin Ferdin

Avatar
Pewarta Harian Suara Nusantara, www.koransn.com, Mingguan Suara Negeriku.

Lihat Juga

Pengabdian Tanpa Akhir Sang Mantan Gubernur Sumsel

  Oleh Zulkarnain Alregar KETIKA pertama kali Provini Sumatera Selatan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.