Penyandang Disabilitas Dapat Pelayanan Gratis

Kepala Dinsos Muratara sekaligus Pj. Sekda Muratara, H.Zainal Arifin Daud saat berada di tengah-tengah penyandang disabilitas dan keluarganya. (foto-sunardi/koransn)

Muratara, KoranSN

Penyandang disabilitas yang ada di Kabupaten Muratara mendapat pelayanan secara gratis berupa pemeriksaan, pengobatan serta konsultasi dari dinas sosial (Dinsos) Sumsel bekerjasama dengan Kabupaten Muratara, Selasa (25/6/2019).

Kegiatan yang diberi nama Unit Pelayanan sosial Keliling (UPSK) penyandang disabilitas tersebut digelar di gedung pertemuan Kecamatan Rupit, Kabupaten Muratara, dan dibuka langsung oleh Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Muratara, Zainal Arifin Daud.

Sekda Muratara yang juga Kepala Dinsos Kabupaten Muratara mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Pemprov dalam hal ini Dinsos Sumsel yang telah memberikan pelayanan serta pengobatan kepada penyandang disabilitas di Kabupaten Muratara.

“Kami juga sangat bersyukur kepada Kadis dan Sekdis sosial yang telah menyempatkan diri untuk datang ke Kabupaten Muratara dan memberikan pelayanan sosial kepada disabilitas yang ada di Kabupaten Muratara ini,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Zainal menyampaikan dalam dua tahun ini, Dinsos Muratara telah banyak berkiprah.

“Kami juga telah membina anak-anak Suku Anak Dalam (SAD) melalui APBD Kabupaten. Hampir 8 bulan anak anak itu sudah ada di mess dan mereka mengapresiasi Dinsos Kabupaten Muratara yang telah memanusiakan manusia. Mumpung ibu sudah ada di Muratara, rugi rasanya kalau ibu tidak berkunjung ke mess SAD. Nanti ibu ketinggalan sama pak gubernur dan pak presiden berkunjung kesana jika mereka ada disini,” kata Sekda bergurau.

Baca Juga :   125 Bidan PTT dan Tenaga Penyuluh Kesehatan Ikuti Diklat Prajabatan

Sekda juga menyarankan kepada pihak keluarga atau orang tua penyandang disabilitas untuk bertanya masalah penyandang disabilutas ini.

“Hari ini adalah kesempatan kita untuk bertemu dengan Dinsos Provinsi Sumsel yang melaksanakan unit pelayanan keliling, nanti bapak-bapak atau ibu-ibu silahkan bertanya, silahkan kasih tahu kepada mereka apa yang telah diderita oleh anak kita. Tanyakan apa saja keluhan kita, jangan malu-malu, jangan takut-takut kenapa anak saya seperti ini,” katanya.

Kedepan, Sekda berharap agar penyandang disabilitas di Kabupaten Muratara mendapat perhatian dan bantuan baik dari Dinsos Muratara maupun Dinsos Sumsel.

“Saya berpesan kepada bapak-bapak dan ibu-ibu, setelah kegiatan hari ini anak-anak kita berikanlah perhatian, diarahkan dan jika mereka membuat kesalahan janganlah dimarah, sebab anak-anak kita butuh perhatian,” imbuhnya.

Sementara Ketua Panitian UPSK dan juga Kepala Bidang (Kabid) Rehabilitasi Sosial (Resos) pada Dinsos Provinsi Sumsel, Leni Triana mengatakan, selain di Muratara, kegiatan Unit Pelayanan Sosial Keliling sudah dilakukan di beberapa kabupaten di Sumsel.

Baca Juga :   Lahat, Kota Kedelai yang Membanggakan

“Kami sudah keliling di beberapa kabupaten dalam wilayah Provinsi Sumsel, kemarin kita di OKI, Muara Enim dan hari ini di Muratara,” katanya.

Ia menjelaskan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pelayanan terhadap penyandang disabilitas khususnya, agar mereka ada kepercayaan diri.

“Insya Allah ada bantuannya, dengan kami mendata seperti ini serta apa-apa saja kebutuhan di Kabupaten Muratara terhadap penyandang disabilitas. Seandainya mereka ada yang membutuhkan kaki palsu, nanti kita akan usul dan akan kita teruskan ke Kementrian Sosial ataupun kita ada penyandang disabilitas di Provinsi Sumsel nanti mereka yang akan memberikan bantuan,” katanya.

Selain bantuan tersebut kata Leni, ada juga upaya pembinaannya. “Kami mengharapkan sekali kepada dunia usaha yang ada di Kabupaten Muratara agar dapat membantu dan menjadi penyandang dana disabilitas ini,” pungkasnya. (snd)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Jelang Libur Panjang, Dodi Reza Ingatkan ASN Muba Hindari Liburan ke Luar Kota

Sekayu, KoranSN Pada 28 Oktober-1 November 2020 mendatang akan dihadapkan dengan libur Cuti Bersama sebagaimana …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.