Home / Lacak / Penyelidikan Dugaan Korupsi Lahan Kuburan OKU Kembali dari Awal

Penyelidikan Dugaan Korupsi Lahan Kuburan OKU Kembali dari Awal

Kapolda Sumsel, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara (Foto-Dok/Humas Polda Sumsel)

Palembang, KoranSN

Polda Sumsel saat ini kembali dari awal melakukan penyelidikan dugaan kasus korupsi proyek pengadaan lahan Tempat Pemakaman Umum (TPU) atau kuburan di Kelurahan Kemelak Bindun Langit Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten OKU. Demikian dikatakan Kapolda Sumsel, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara, kemarin.

Menurut Kapolda, dimulai dari awalnya penyelidikan dugaan kasus tersebut lantaran beberapa waktu yang lalu Polda Sumsel kalah dalam praperadilan.

“Karena kita kalah di praperadilan, makanya saat ini kami memulai dari awal lagi melakukan penyelidikan dugan kasus korupsi lahan kuburan di OKU ini,” ungkapnya.

Masih dikatakan Kapolda, karena penyelidikan dimulai dari awal maka untuk barang buktinya juga harus yang baru. Untuk itulah saat ini penyidik Tipikor Polda Sumsel masih melakukan penyelidikan.

“Bukan hanya barang buktinya saja yang harus baru, namun untuk audit kerugian negaranya kami juga meminta dilakukan audit lagi,” ungkapnya.

Diungkapkan Kapolda, jika dirinya memastikan penanganan dugaan kasus ini terus perjalan tanpa ada penyimpangan yang dilakukan penyidik.

“Yakinlah kami masih terus melakukan penyelidikan. Hanya saja, karena penyelidikan dugaan kasus ini kembali dimulai dari awal makanya membutuhkan waktu dalam proses penyelidikannya,” ungkapnya.

Baca Juga :   Penjual Togel Dibekuk Polisi

Lanjut Kapolda, bahkan untuk mengungkap dugaan kasus ini Polda Sumsel melakukan koordinasi dengan (Komisi Pemberantasan Korupsi).

“Jadi dalam penyelidikan dugaan kasus ini kami juga berkoordinasi dengan KPK,” tutup Kapolda.

Diberitakan sebelumnya, Polda Sumsel saat ini telah menerbitkan Surat Perintah Penyidikan (Sprindik) baru terkait dugaan kasus korupsi proyek pengadaan lahan TPU di Kelurahan Kemelak Bindun Langit Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten OKU.

Dikeluarkannya Sprindik baru ini setelah sebelumnya, ‘JA’ memenangkan gugatan praperadilan di Pengadilan Negeri (PN) Baturaja usai mengugat Polda Sumsel atas status tersangkanya.

Diberitakan sebelumnya, Kapolda Sumsel, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara, Senin (5/2/2018) membenarkan jika Polda Sumsel telah menerbitkan Sprindik baru.

“Kami paham kemarin kami kalah dengan ‘JA’ di praperadilan. Akan tetapi, kami masih ada ruang melanjutkan penyelidikannya. Apalagi dalam penanganan dugaan kasus ini kami sudah melakukan supervisi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dari itulah saat ini kami menerbitkan Sprindik baru untuk mengungkap perkara ini,” tegas Kapolda.

Menurut Kapolda, dalam proses penyelidikan dugaan kasus ini tentunya dilakukan dari fakta hukum.

Baca Juga :   Terlibat Pencurian, 2 Remaja Putri di Lubuklinggau Ditangkap Polisi

Untuk diketahui, dalam dugaan kasus ini awalnya Polda Sumsel menetapkan ‘JA’ sebagai tersangka. Namun kala itu ‘JA’ melakukan pra peradilan hingga Polda Sumsel pun kalah dalam pra peradilan tersebut. Saat dikonfirmasi melalui handphone (HP) kala itu, ‘JA’ enggan komentar namun dirinya membenarkan jika Polda Sumsel kalah dalam pra peradilan.

Sekedar mengingatkan, dalam proyek pengadaan lahan TPU di OKU ini menggunakan anggaran APBD tahun 2012 sebesar Rp 6,1 miliar. Dimana dalam dugaan kasus ini diduga terjadi mark-up atau pengelembungan anggaran sehingga saat itu BPK RI Perwakilan Sumsel saat itu mengeluarkan dugaan kerugian negara sebesar Rp 3,49 miliar.

Bahkan dalam perkara ini, empat tersangka yakni; Ir H Najamudin (mantan Kepala Dinas Sosial OKU), Drs H Umirton (mantan Sekda OKU), Drs Akmad Juanidi (mantan Asisten I OKU) dan Hidirman (warga sipil pemilik lahan), Selasa 12 April 2016 telah dilimpahkan Polda Sumsel ke Kejati Sumsel, dan keempatnya telah divonis oleh hakim Pengadilan Negeri (PN) Tipikor Kelas I Palembang. (ded)


Hotel Grand Inna Palembang Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan Wujudkan Milenial Cinta Tertib Lalu Lintas Berkeselamatan Menuju Indonesia Gemilang

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Perampok Bidan di Ogan Ilir Diringkus

Palembang, KoranSN Pihak kepolisian Unit I Subdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Sumsel, Minggu (17/3/2019) berhasil ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.