Home / Kota Musi / Perbaikan Jalan Rusak Dibawah LRT Dijanjikan Selesai Mei

Perbaikan Jalan Rusak Dibawah LRT Dijanjikan Selesai Mei

Tampak bangunan LRT di Palembang. (foto-dok/ferdinand/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Kepala Proyek Light Rail Transit (LRT) Palembang dari PT Waskita Karya Mashudi Jauhari, Senin (12/3/2018) mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan perbaikan jalan yang rusak akibat terdampak dari pembangunan LRT, sembari terus mengerjakan pembangunan rel lintasan kereta api ringan tersebut.

Ia mengatakan, saat ini pengerjaan jalan terdampak untuk zona 1 dan 2 sudah mulai proses perbaikan dan direncanakan secara keseluruhan akan selesai pada Mei mendatang yang memiliki panjang lebih dari 24 Km.

“Pekerjaan jalan sedang dilakukan untuk zona 1 dan 2. Sedangkan untuk zona 3 pengerjaan dimulai dalam minggu ini. Mudah-mudahan untuk jalan dari zona 1 hingga 5 ditarget akan selesai bulan mei nanti,” ungkapnya.

Mashudi mengatakan, selain perbaikan jalan terdampak LRT, pihaknya juga tengah melakukan pengajian terhadap tahapan uji kelayakan mengenai tangga LRT yang tersebar di beberapa titik stasiun. Nantinya tiap stasiun akan dilengkapi fasilitas lift untuk memudahkan para pengguna.

“Tangga itu berusaha untuk tidak mengganggu trotoar dan tidak mengganggu fungsi trotoar,” ujarnya.

Mashudi menambahkan, secara keseluruhan progres pengerjaan moda transportasi massal ini sudah mendekati tahap akhir pengerjaan. Dimana, proyek nasional ini telah mencapai 88 persen dari target 100 persen yang akan selesai sebelum perhelatan olahraga terbesar negara Asia tersebut.

“Kita tetap akan berjalan sesuai target, sehingga Juni mendatang semua pekerjaan dipastikan akan rampung,” jelasnya.

April, LRT Diuji Coba

Ia mengungkapkan, pembangunan rel LRT telah mencapai 97 persen sehingga April mendatang, Waskita sebagai penanggung jawab proyek akan melakukan uji coba proyek LRT tersebut.

“Untuk pengerjaan rel LRT sudah mencapai 97 persen tahap penyelesaian. Memang masih ada yang belum selesai, seperti wesel, dan beberapa bagian yang perlu ditambal sulam,” ujarnya.

Selanjutnya, dari info yang didapat Mashudi dari INKA mengenai kereta yang akan diujicobakan di LRT Palembang pada April mendatang, rencananya akan didatangkan akhir Maret nanti.

“Untuk ujicoba kereta paling tidak butuh waktu dua Minggu setelah kereta datang. Info dari INKA mengenai rencana awal akan didatangkan pada akhir Maret, dengan 2 train set. Artinya 1 rangkaian akan terdiri 3 gerbong kereta,” pungkasnya. (rgn)

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

Operasional LRT Keseluruhan Ditargetkan Selesai Juli 2018

Palembang, KoranSN Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi, Minggu (27/5/2018) menargetkan oprasional Light Rail ...

error: Content is protected !!