Perbaikan Jalan Rusak Terkendala Dana

Anita Noeringhati. (foto-dok/anton/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Ketua Komisi IV DPRD Sumsel Anita Noeringhati mengatakan perbaikan jalan milik provinsi masih terkendala keterbatasan dana. Selain dana APBD Sumsel yang memang terbatas, pemotongan dana bagi hasil untuk Sumsel dari Pusat sebesar 25 persen, menjadi salahsatu belum dilakukannya perbaikan jalan secara menyeluruh.

“Masih banyaknya jalan rusak karena memang belum dialokasikan, ini dikarenakan juga ada instruksi pemotongan 25 persen dana bagi hasil maupun dana-dana dari Pusat ke provinsi. Kondisi ini jelas sangat mengganggu,” ungkap Anita ditemui usai menghadiri rapat paripurna DPRD Sumsel, Kamis (20/7/2017).

Namun kata Politisi Partai Golkar ini, meski provinsi memiliki keterbatasan dana, diharapkan sektor pembangunan infrastruktur tetap diutamakan.

Selain masih banyaknya jalan rusak, lanjut Anita, masalah angkutan batubara yang masih melintasi jalan umum masih menjadi sorotan Komisi IV DPRD Sumsel, termasuk angkutan batubara yang melewati Sungai Musi.

Baca Juga :   Covid-19 Palembang Tembus 2 Ribu, Sumsel 3.012

“Angkutan batubara kita harap mentaati Perda dan Pergub yang ada di Sumsel, tidak hanya bersandar pada UU yang ada di Pusat, karena Sumsel ini kondisinya khusus karena kapal yang mengangkut batubara tidak bisa langsung ke laut, tapi harus melewati sungai yang panjang. Jadi, kalau pusat katakan Pergub maupun Perda kita tidak berlaku untuk angkutan batubara, kita minta mereka angkut batubara pakai helikopter saja, jangan melintasi Sungai Musi,” tukas Anita.

Sementara itu, Gubernur Sumsel Alex Noerdin, mengakui keterbatasan dana yang dimiliki Sumsel untuk perbaikan jalan. Sehingga, perbaikan dilakukan bertahap, dan ada prioritas-prioritas perbaikan titik jalan.

Baca Juga :   Marbot Masjid Terima Satu Unit Rumah Siap Huni

“Dana sangat terbatas, kena efisiensi lagi, jadi ada prioritas-prioritas. Kalau ada kata-kata daripada bangun LRT lebih baik untuk perbaikan jalan, itu kan (pembangunan LRT) bukan duit kita, kalau tidak ada (Asian Games,red), ya tidak ada itu,” kata Alex sembari mengatakan di tahun 2018 mendatang, perbaikan jalan masih berdasarkan prioritas. (awj)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Dodi Reza Bakar Semangat Peserta LK II HMI Sumbagsel

Palembang, KoranSN Puluhan peserta Intermediate Training (LK II) Tingkat Regional Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) Himpunan …