Rabu , Desember 19 2018
Home / Kota Musi / Perbaikan Jembatan Endikat Masih Tahap Proses Lelang

Perbaikan Jembatan Endikat Masih Tahap Proses Lelang

Sketsa Jembatan Layang Endikat. (foto-ist)

Palembang, KoranSN

Kepala Satker Wilayah II Sumsel, Ir Rusman MM melalui Asisten Pelaksanaan dan Pengawasan, Andi Pratama, Selasa (20/2/2018) mengatakan, perbaikan Jembatan Endikat yang berada di perbatasan Kabupaten Lahat dan Kota Pagaralam saat ini dalam proses tender yang dilakukan oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) wilayah V.

Menurut Andi, setelah lolos administrasi, perusahaan yang mengikuti lelang harus menjalani proses evaluasi dan pembuktian dari Tim Pokja. Setelah itu, baru bisa masuk ke proses konstruksi yang diperkirakan akan dimulai sekitar pertengahan Bulan Maret mendatang.

Andi mengatakan, untuk proses perbaikan Jembatan Endikat akan berdasarkan rencana yang telah disusun sebelumnya dan akan dipekirakan memakan waktu delapan bulan.

“Tapi itu tidak mutlak yah. Kalau pengerjaan oleh pihak ketiga¬†nanti cepat, yah selesainya juga bisa cepat. Namun, kami targetkan paling lambat akhir tahun ini bisa segera selesai,” ungkap Andi.

Baca Juga :   Meriahkan HUT TNI ke-73, Hari Ini Alutsista TNI Dipamerkan di BKB Palembang

Ia menambahkan, sementara kondisi bantalan kayu yang beberapa waktu lalu mengalami kerusakan, saat ini sudah diperbaiki dan bisa dilalui kendaraan. Lantaran pihaknya telah mengganti 30 keping balok yang rusak dengan yang baru.

“Perbaikan di lapangan sifatnya sementara. Kami juga menempatkan beberapa petugas yang rutin mengecek kondisi jembatan dan mengatur arus lalu lintas. Di dekat lokasi jembatan juga sudah ada posko khusus agar petugas bisa memantau kondisi jembatan 1 x 24 jam,” ujarnya.

Selama proses lelang juga, lanjut Andi, pihaknya telah menyiagakan sejumlah alat berat dilapangan. Sehingga, apabila terjadi kerusakan bisa segera diatasi. Meskipun begitu, jikalau dirasa kurang, pihak BBPJN juga siap mengirimkan alat berat yang ada di Lahat sert Muara Enim.

Andi menjelaskan, saat proses perbaikan jembatan Endikat, pihaknya akan menggunakan skema buka tutup jalan. Dimana, pihaknya tidak ingin mengalihkan arus lalu lintas ke jalur alternatif karena ketahanan jalannya belum tentu sebanding dengan jalan nasional.

Baca Juga :   Sekda Hadiri Hut Brimob Ke 72

“Nantinya malah akan berisiko bagi pengendara. Terpaksa kita gunakan skema buka tutup jalan. Kami juga sudah berkoordinasi dengan kepolisian dan pemerintahan setempat mengenai hal itu,” jelasnya.

Diungkapkan Andi, pekerjaan perbaikan jembatan yang menelan anggaran Rp 5,5 miliar tersebut bakal menemui beragam resiko di lapangan. Diantaranya, faktor cuaca yang tidak menentu, akses jalan menuju jembatan yang sempit sehingga sulit mengirimkan alat berat dan material bangunan.

“Tempatnya juga ekstrem. Berada di tengah jurang. Sehingga seluruh pekerja yang terlibat dalam proses pengerjaan harus ekstra hati-hati,” jelasnya.

Masih kata Andi, perbaikan jembatan berusia 26 tahun itu hanya akan dilakukan pada lantai jembatan saja. Lantainya diangkat seluruhnya dan diganti dengan lantai jembatan jenis Double Tee.

“Untuk konstruksi jembatan masih kuat karena menggunakan rangka baja dari Australia,” pungkasnya. (rgn)

CGV Cinemas Segera Hadir di Lantai 3 PTC Mall Palembang

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

HD Berikan Kemudahan Pembangunan Kantong Parkir LRT

Palembang, KoranSN Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru menerima Kepala Divisi Regional III Palembang, PT. ...

error: Content is protected !!