Home / Gema Sriwijaya / Perempuan Berperan Dalam Pembangunan

Perempuan Berperan Dalam Pembangunan

Bupati Muara Enim Ir H Ahmad Yani MM serahkan piala Juara I Iomba menyanyi antar instansi kepada Kadin Perkim Ir Ahmad Yani Hariyanto MM. (foto-yudi/koransn.com)

Muara Enim, KoranSN

Dalam peringatan Hari Kartini Ke-140, selain mengenang jasa-jasa perjuangan Kartini, seluruh Kartini di Kabupaten Muara Enim untuk terus meningkatkan kualitas diri melalui pendidikan formal maupun non formal. Perempuan juga harus bisa berpartisipasi dalam pembangunan daerah. Demikian dikatakan Bupati Muara Enim Ir H Ahmad Yani MM dalam kegiatan memperingati hari Kartini Ke-140 berlangsung di Gedung Kesenian Putri Dayang Rindu Muara Enim, Selasa (23/4/2019) sekitar pukul 08.30 wib.

“Perempuan-perenpuan di Kabupaten Muara Enim bisa menjadi motivator, dan motor penggerak dalam mewujudkan Visi Misi masyarakat Agamis, Berdaya Saing, Mandiri, Sehat, dan Sejahtera,”terang Bupati Muara Enim.

Masih dikatakan Bupati, diharapkan kedepan di Kabupaten Muara Enim akan muncul generasi Kartini baru untuk terus berjuang, baik sebagai pondasi di dalam lingkungan keluarga maupun bangsa dan Negara.

Baca Juga :   Harga Karet Pengaruhi Bisnis Perumahan

Selain itu, perempuan dalam melakukan partisipasi dalam pembangunan daerah tidak boleh meninggalkan perannya di tengah-tengah keluarga. Seorang ibu sebagai tempat pendidikan pertama bagi anak-anaknya yang nantinya akan mempengaruhi pendidikan selanjutnya.

Bupati Muara Enim mengakui, bahwa perempuan Indonesia saat ini telah menunjukkan peran dan tanggung jawabnya turut andil dalam pengambilan keputusan publik, disamping peran reproduksi, produktif maupun sosial. Kemudian dalam pembangunan bangsa peran perempuan telah terbukti memberikan sumbangsihnya dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat.

“Dalam pembangunan bangsa, banyak para perempuan sukses dalam bekerja, tanpa meninggalakan kodrat sebagai ibu rumah tangga, atau ada keseimbangan didalamnya,” ungkap Bupati.

Sementara itu, panitia pelaksana kegiatan, Hj Enita Jirah SE menjelaskan, dalam rangka menyambut peringatan hari Kartini ke 140 tingkat Kabupaten Muara Enim telah diadakan sejumlah kegiatan sebelumnya, diantaranya lomba basket Kartini CUP III bekerjasama dengan Perbasi Muara Enim, pelatihan pengembangan kepribadian bekerjasama dengan TP PKK, dan lomba lagu berpasangan antar dinas instansi di Pemkab Muara Enim.

Baca Juga :   Miris! Bekas Sawah Jadi Tempat Pembuangan Sampah Warga

“Melalui kegiatan ini merupakan aksi nyata kami dalam mendukung visi misi Kabupaten Muara Enim Agamis, Berdaya Saing, Mandiri, Sehat dan Sejahtera. Kegiatan peringatan hari Kartini ini rutin di selenggarakan Dinas Perlindungan Perempuan dan Anak Kabupaten Muara Enim,” ungkap Enita.

Acara ini dihadiri Bupati Ir H Ahmad Yani MM dan Wakil Bupati H Juarsah SH serta Ketua TP PKK Ir Hj Sumarni Ahmad Yani MSi, dan Ketua GOW Dra Hj Nurhilyah, turut hadir pula unsur Muspida Kabupaten Muara Enim. Seluruh Organisasi Perangkat daerah (OPD), dan pengurus Organisasi wanita yang ada di Muara Enim. (yud)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Sidak, Sekda Lahat Januarsyah Temukan Banyak ASN Bolos dan Ruangan Kantor Terkunci

Lahat, KoranSN Tingkat disiplin ASN di Kabupaten Lahat masih jauh dari kata sempurna. Sebab masih …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.