Kamis , Februari 21 2019
Home / Ekonomi / Perlancar Distribusi Minyak, Pertamina Bangun Proyek Pipa

Perlancar Distribusi Minyak, Pertamina Bangun Proyek Pipa

GM Pertamina RU III, Yosua IM Nababan dan GM MOR II Sumbagsel, Primarini saat menunjukkan kartu My Pertamina di Cafe Area 51, Rabu (14/11/2018). (foto-soimah/koransn.com)

Palembang, koranSN

Dalam upaya memperlancar pendistribusian minyak mentah ke kilang perusahaan yang selama terkendala pendangkalan Sungai Musi, PT Pertamina Refinery Unit (RU) III Plaju bakal membangun pipa sepanjang 96 kilometer. Hal tersebut dikatakan GM PT Pertamina RU III Yosua I. M Nababan di Cafe Area 51, Rabu (14/11/2018).

Dijelaskannya, pendangkalan Sungai Musi cukup menganggu arus transportasi tangker Pertamina dimana saat ini hanya kapal tangker ukuran kecil yang bisa melintas. Selain itu sering terjadinya bencana kabut asap membuat sering tertundanya pelayaran untuk mengutamakan unsur keselamatan.

“Setelah melalui berbagai studi dan pertimbangan matang, pembangunan pipa distribusi minyak mentah dari daerah Tandjoeng Katima Bongko sampai ke kilang Plaju akan segera direalisasikan,”jelasnya.

Pembangunan jalur pipa sepanjang kurang lebih 96 kilometer itu dikatakannya, telah melalui berbagai tahapan seperti studi di lokasi, Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal), konsultasi instansi terkait dan sosialisasi kepada masyarakat yang lahannya masuk dalam jalur yang akan dibebaskan.

Baca Juga :   Astra Motor Sumsel Ajak Mahasiswa Cari Aman Berkendaraan

“Kita sudah melakukan beberapa kali evaluasi seperti layak tidaknya dari tinjauan ekonomis dan lain sebagainya. Saat ini sudah masuk tahap sosialisasi kepada masyarakat dan mudah-mudahan 2019 mendatang sudah dimulai pembangunannya. Pembangunan proyek crude open access yang dimulai dari tangki penyimpanan (storage) di Katima Bongkok, Kabupaten Banyuasin hingga ke Kilang Plaju di Kota Palembang itu ditarget selesai dalam kurun dua tahun mendatang.

Dijelaskannya, dengan beroperasinya pipa yang bisa mengalirkan minyak mentah hingga 600 meter kubik nantinya itu, maka ditargetkan produksi bisa optimal sesuai kapasitas kilang terpasang yaitu 120.000 barel per day. Sebab, pasokan minyak mentah yang selama ini melalui kapal tangker dan tergantung dengan kondisi cuaca di perairan Sungai Musi, akan lebih lancar dan terjamin.

Baca Juga :   Telkomsel Ajak 12 Pemenang IndonesiaNEXT ke Singapura

Ditambahkannya, produksi kilang minyak Pertamina RU III saat ini belum menyentuh angka optimal.

Dengan kapasitas kilang terpasang 126.000 barel per day, saat ini produksi RU III baru di kisaran 92.000 sampai 96.000 barel per day. Distribusi minyak mentah sebagai bahan baku produksi kilang RU III berasal dari sumur-sumur di wilayah Sumsel.

“Tetapi karena cadangan yang semakin menipis di wilayah Sumsel, membuat ada selisih antara kebutuhan dengan pasokan yang mengharuskan RU III mendatangkan minyak mentah dari daerah lain,”pungkasnya. (ima)

Hotel Grand Inna Palembang Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan Wujudkan Milenial Cinta Tertib Lalu Lintas Berkeselamatan Menuju Indonesia Gemilang

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Jangkauan 4G Indosat Ooredoo Diperpanjang

Palembang, KoranSN Untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, Indosat Ooredoo telah sukses melakukan perpanjangan jangkauan 4G ...