Perlukah Pakai Masker di Mobil Pribadi?

Petugas kesehatan mengukur suhu tubuh penumpang mobil boks saat melintasi Kambungu Molotolo (kampung kuat) disiplin protokol kesehatan di Hutuo, Kabupaten Gorontalo, Gorontalo. (foto-antaranews)

Jakarta, KoranSN

Pandemi virus corona telah memengaruhi semua aspek kehidupan kita, salah satunya kebiasaan hidup bersih termasuk mengenakan masker saat berada di luar rumah.

Saat pergi ke luar, tidak jarang Anda melihat orang-orang mengenakan masker wajah bahkan ketika mereka berkeliling dengan mobil mereka. Tetapi apakah Anda benar-benar perlu memakai masker ketika kita berada di ruang tertutup seperti kendaraan pribadi?

Laman WebMD mencatat, sebenarnya Anda tidak perlu memakai masker wajah saat mengemudi sendirian dan tidak ada orang lain di dalam mobil karena tidak ada risiko penularan COVID-19 dalam kasus ini.

Anda bisa mengenakan masker di kendaraan saat ada orang lain selain Anda di dalam mobil, terutama mereka yang tidak tinggal bersama Anda.

Baca Juga :   Air Rebusan Ubi Mampu Turunkan Berat Badan

Dalam hal ini, selain mengenakan alat pelindung diri, ide yang bijaksana untuk mematikan AC kendaraan Anda.

Kasus lainnya, ketika Anda sakit dan ada orang lain di mobil bersama Anda. Bahkan jika memang bukan COVID-19, pakailah masker sehingga orang lain tidak akan mengontrak kuman apa pun dari Anda.

Jika Anda mudah cemas keluar rumah di tengah pandemi, maka Anda mungkin mengenakan masker setiap saat, bahkan ketika sedang mengemudi.

Akhirnya, jika Anda melakukan perjalanan jarak pendek, mengenakan masker tetap menjadi ideal sehingga Anda tidak harus melepasnya dan mengenakannya lagi dan lagi.

Jika Anda masih bingung harus mengenakan masker saat mengemudi atau tidak, anggap saja mobil Anda perpanjangan dari rumah. Di rumah Anda, Anda tidak perlu memakai masker saat tidak sakit dan tidak ada orang lain di luar anggota keluarga Anda.

Baca Juga :   KKP Targetkan Konsumsi Ikan 62,5 Kg/Kapita Pada 2024

Ketika tamu datang atau tukang reparasi datang berkunjung, pada saat itulah Anda mungkin akan mengenakan masker, demikian seperti dilansir Medical Daily. (Antara/ded)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Bisakah Terkena COVID-19 dari Asap Rokok?

Jakarta, KoranSN Para ilmuwan percaya cara utama penyebaran COVID-19 melalui kontak dekat dengan orang yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.