Home / Gema Sriwijaya / Perpustakaan Desa Pusat Inspirasi Masyarakat

Perpustakaan Desa Pusat Inspirasi Masyarakat


Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan
Stan inovasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Muara Enim. (foto-yudi/koransn.com)

Muara Enim, KoranSN

Pemerintah Kabupaten Muara Enim melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menciptakan inovasi Perpustakaan Desa Inspirasi Desa (Perpusindes).

Perpusatkaan desa tersebut sebagai sarana berkegiatan dan pusat inspirasi bagi masyarakat desa.

Hal dikatakan Kepala Dinas Perpustakaan, Ir Maryana, melalui Kabid pengembangan perpustakaan, Dr Yusnawati SPd MM. Salah satunya berhasil menjadi percontohan tingkat nasional di Desa Sidomulyo di Kecamatan Gunung Megang Kabupaten Muara Enim.

“Jadi melalui program Perpusindes ini nantinya perpustakaan di desa tidak hanya untuk pinjam buku, atau membaca saja. Melainkan menjadi sarana kegiatan pemberdayaan masyarakat sebagai sumber informasi dan interaksi sosial,”kata Yusnawati, Selasa (13/11/2018).

Baca Juga :   Tim Gerakan Pekerja Perempuan Sehat Produktif Dikukuhkan

Dia mencontohkan, Desa Sidomulyo Kecamatan Gunung Megang adalah salah satu desa yang berhasil mengembangkan perpustakaan desa menjadi sarana berkegiatan masyarakat. Bahkan, desa ini mendapatkan penghargaan tingkat nasional berkat pembinaan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.

“Kita ingin desa-desa lainnya di Kabupaten Muara Enim dapat mencontoh keberhasilan Desa Sidomulyo,”terangnya.

“Desa Sidomulyo ini, masyarakatnya bisa menciptakan produk makan lokal, membuat desa wisata dari hasil membaca buku dan diskusi di perpustakaan desa,”sambungnya.

Diharapkannya, dengan adanya Perpusindes ini minat baca masyarakat semakin meningkat akan diiringi dengan penambahan buku bacaannya. Pepustakaan ini juga difasilitasi internet sehingga bisa menjadi sarana sosial, berkumpul anak muda desa. Serta sebagai tempat pembinaan, pendampingan usaha kecil atau usaha keluarga di desa.

Baca Juga :   Kominfo Musirawas Latih Pegawai Menulis Berita

“Kami akan terus turun melihat sarana perpustakaan di desa-desa dan melakukan pembinaan untuk membuat Perpusindes. Sehingga, bisa meningkatkan daya saing masyarakat,”ungkapnya. (yud)

Hotel Grand Inna Palembang

Wujudkan Milenial Cinta Tertib Lalu Lintas Berkeselamatan Menuju Indonesia Gemilang

Publisher : Awid Durrohman

Avatar

Lihat Juga

Bupati Dodi Cairkan THR ASN dan PTT Muba Lebih Cepat

Sekayu, KoranSN Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pegawai Tidak Tetap (PTT) di lingkungan Pemerintah …