Perpustakaan Keliling Siap Tingkatkan Minat Membaca Warga



Pengurus Komunitas Tujuh Pilar (K7P) saat menunjukkan Motor Pintar (Mopin). (foto-anasrul/koransn.com)

PALI, KoranSN

Minat membaca masyarakat Indonesia terbilang rendah bila dibandingkan negara lain. Data dari Perpustakaan Nasional tahun 2017, orang Indonesia rata-rata hanya membaca tiga atau empat kali perminggu. Sementara jumlah buku yang dibaca rata-rata lima sampai sembilan buku pertahun.

Sedangkan berdasarkan Studi “Most Littered Nation In the World” yang dilakukan oleh Central Connecticut State Univesity pada Maret 2016, Indonesia menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara soal minat membaca.

Berdasarkan data tersebut, akhirnya Komunitas Tujuh Pilar (K7P) berinisiatif untuk membuat Motor Pintar (Mopin). Mopin itu sendiri merupakan sebuah motor roda tiga yang telah dimodifikasi dengan bentuk menyerupai mobil perpustakaan keliling.

Baca Juga :   Tekan Kasus Pelecehan Seksual, Sekolah Sasaran Utama PKPR

Ketua K7P Yulianto menjelaskan, keberadaan Mopin sendiri merupakan bantuan dari PT Medco EP berdasarkan usulan dari K7P beberapa waktu yang lalu.

Hadirnya Mopin tersebut bertujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat serta pada akhirnya bisa meningkatkan kualitas dunia pendidikan di Kabupaten PALI.

“Ada sekitar 400 judul buku yang telah disiapkan. Nantinya, Mopin tersebut akan keliling ke sejumlah wilayah di Kabupaten PALI, dan pada setiap sorenya akan standby di tempat keramaian warga PALI,” ungkap Yulianto.

Dalam kesempatan itu pula, Yulianto bersama K7P telah memiliki program untuk pendidikan di Kabupaten PALI.

“Alhamdulillah, salahsatu program K7P di tahun 2019, bidang pendidikan sudah terealisasu yakni Motir Pintar. Kita juga mempunyai target bisa membangun gedung sekolah alam, yang saat ini sudah ada lahannya sekitar 1,5 hektar di arah bandara kelurahan Handayani Mulya kecamatan Talang Ubi. Kita berharap program tersebut juga akan segera terwujud, Aamiin,” tutupnya. (ans)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Bupati Lahat Sholat Isya dan Taraweh Berkeliling di Kabupaten Lahat

Lahat, KoranSN Dalam rangka bulan Ramadhan, Pemerintah Kabupaten Lahat melaksanakan Sholat Isya dan Taraweh secara …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.