Pertamina Pecahkan Rekor MURI Selang Terpanjang

Para pekerja pertamina Ru III plaju, berjilbaku menyambungkan selang pemadam sepanjang 5 km untuk pecahkan rekor muri. (foto-ferdinand/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Pertamina Refinery Unit III Plaju berhasil memecahkan Rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) dengan menggelar selang pemadam (fire hose) terpanjang sepanjang 5 Kilometer dalam simulasi pemadaman kebakaran di Refinery Unit III Plaju, Sabtu (8/4/2017) kemarin. Kegiatan yang digelar dalam rangka memperingati Bulan K3 di Refinery Unit III melibatkan 125 pekerja serta mitra kerja RU III yang tergabung dalam tim Pemadam Kebakaran (Fire Brigade) RU III dipimpin langsung General Manager RU III Eman Salman Arief selaku ketua tim Penanggulangan Keadaan Darurat (Emergency Response Commander)

General Manager RU III Eman Salman Arief mendapat kehormatan secara langsung untuk menerima piagam penghargaan dari MURI yang diserahkan oleh Osmar Semesta Susilo selaku Wakil Direktur MURI. Pencatatan Rekor MURI juga menjadi bukti komitmen perusahaan terhadap upaya penerapan budaya K3 di Pertamina, khususnya kesiapan Pertamina RU III dalam menghadapi bahaya kebakaran baik di dalam lingkungan RU III maupun di wilayah masyarakat sekitar.

Dikatakannya, kemampuan dan kesiapan tim Fire Brigade serta ketersediaan selang pemadam terpanjang di RU III tersebut, juga ditujukan untuk membantu tim pemadam kebakaran jika terjadi kebakaran di wilayah sekitar operasi Pertamina atapun di wilayah lainnya. Terlebih jika kebakaran terjadi di wilayah dengan akses jalan yang sempit dan padat penduduk sehingga membutuhkan selang pemadam yang panjang untuk memadamkan api. Peringatan Bulan K3 Nasional merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan Pertamina sebagai bentuk kegiatan sosialisasi untuk menyegarkan penerapan budaya K3 khususnya dalam kegiatan operasional Perusahaan.

Baca Juga :   Belajar Seni Jumputan di The 1O1

“Kita telah menerapkan berbagai program guna memastikan implementasi K3 berjalan dengan baik, diantaranya Observasi Alat Pelindung Dri, Surat Izin Kerja Aman, Stop Walk and Talk (SWAT), Safety Passport, Joint Safety Inspection, Sweeping Kepatuhan Peraturan Keselamatan Kilang, dan program 1 Jam Bersama HSE untuk seluruh unit kerja,” ungkapnya didampingg Area Manager Communication & Relations Sumbagsel, M. Roby Hervindo.

Saat ini, dikatakannya, komitmen dan penerapan budaya K3 di Pertamina RU III berhasil membukukan 63.779.061 Jam Kerja Aman (nihil kecelakan) hingga bulan Maret 2017. Sehingga mendapat apresiasi berupa penghargaan keselamatan migas Patra Nirbhaya Karya Utama Adinugraha II dari Kementerian ESDM, serta penghargaan PROPER Hijau yang ketiga kalinya dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.
“Pertamina akan terus berkomitmen untuk menerapkan dan mengutamakan budaya K3 di Perusahaan. Sejalan dengan tema Bulan K3 di Pertamina tahun ini yakni “Zero Fatality, KITA BISA!’, kami akan terus berupaya maksimal dalam mencapai dan mempertahankan jam kerja aman dan tanpa insiden (zero fatality) di Pertamina khususnya di RU III Plaju,” imbuhnya.

Baca Juga :   Buntut Sunda Kang Ali Sajikan Menu Spesial

Selain mencatatkan Rekor MURI, dalam rangka memperingati Bulan K3, Pertamina RU  III Plaju juga mengadakan kegiatan lainnya yakni lomba Cerdas Cermat HSE, lomba lari K3RUN, lomba Memasak Makanan Sehat, dan pemberian HSE Awards bagi para pekerja dan mitra kerja dengan penerapan aspek K3 atau HSE terbaik di RU III Plaju.

Sementara itu Koordinator Verifikasi MURI, Awan Rahargo mengatakan, Pertamina telah berhasil memecahkan rekor MURI dengan prestasi selang pemadam (fire hose) terpanjang sepanjang 5 Kilometer dalam simulasi pemadaman kebakaran. Sebelumnya pada 2013, Pertamina RU III juga sudah berhasil pecahkan rekor dengan pemeriksaan ibu hamil sebanyak 300 orang.

MURI ditambahkannya, telah mencatatnya sebagai rekor karena Pertamina yang pertama dalam menyiapkan selang pipa sepanjang 5 km untuk membantu memadamkan kebakaran. Diharapkan tahun depan akan ada lagi prestasi RU III dalam memecahkan rekor MURI. (ima)

Iklan Polres Lahat

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

OJK Keluarkan Stimulus Lanjutan Industri Keuangan Nonbank

Jakarta, KoranSN Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengeluarkan kebijakan stimulus lanjutan di sektor industri keuangan nonbank …