Home / Ekonomi / Pertamina RU III Plaju Raih Penghargaan Padma Award

Pertamina RU III Plaju Raih Penghargaan Padma Award

Gubernur Sumsel Alex Noerdin Saat menyerahkan penghargaan GM RU III Plaju Djoko Priyono, Senin (9/4/2018). (foto-ist)

Palembang, KoranSN

Tahun ini PT Pertamina (Persero) RU III Plaju berhasil mendapatkan piagam penghargaan dunia usaha yang telah melaksanakan kegiatan CSR Bidang Kesejahteraan Sosial (Padmamitra Award) di wilayah Sumatera Selatan. Penghargaan diberikan langsung oleh Gubernur Sumsel, Alex Noerdin kepada General Manager Refinery Unit III Plaju, Djoko Priyono, Senin (9/4/2018).

Gubernur Sumsel, Alex Noerdin mengatakan, Forum CSR Kesejahteraan Sosial Sumatera Selatan menggelar penganugerahan Padmamitra Award sebagai bentuk penghargaan kepada program CSR yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan di wilayah Sumsel. Padmamitra Award merupakan ajang penganugerahan tahunan, selain untuk memberikan penghargaan, ajang tersebut bertujuan untuk mendorong dan menginspirasi pelaku usaha lain untuk meningkatkan kepedulian dan perannya dalam program CSR kesejahteraan social untuk membantu tercapainya Indonesia Sejahtera tahun 2025.

Alex menyatakan, program-program CSR yang bersinergi dengan tujuan pemerintah sangat dibutuhkan dalam membangun sebuah negara. “Perusahaan dan pemerintah harus bersama-sama dalam membangun Sumatera Selatan, salah satunya melalui program CSR yang tepat sasaran,” ujarnya.

Sementara itu, Djoko mengungkapkan rasa syukurnya RU III terpilih menjadi salah satu penerima penghargaan Padmamitra Award. “Ini merupakan kebanggaan bagi kami. Semoga penghargaan ini bisa mendorong kami agar terus berkreasi bersama masyarakat di lingkungan perusahaan untuk menciptakan dan meneruskan program CSR yang berkelanjutan dan bermanfaat luas,” kata Djoko.

RU III dijelaskannya, memiliki beberapa program CSR unggulan, seperti pengelolaan bank sampah terintegrasi Patratura, budidaya ikan Kelompok Bintang, dan Desa Mandiri Energi di OKU Selatan. Masing-masing program ini memiliki keunggulannya, seperti Patratura yang menjadikan sampah untuk ditukarkan dengan jaminan sosial kesehatan, pendidikan, dan energi listrik, lalu budidaya ikan Kelompok Bintang menggunakan filter penetral air organik dari batang pohon pisang, dan juga pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH) untuk menerangi Dusun Saruan yang belum dialiri listrik secara stabil.

Pertamina dikatakannya, memiliki 4 pilar CSR utama, yakni Pertamina Cerdas dalam bidang pendidikan, Pertamina Sehati dalam bidang kesehatan, Pertamina Hijau dalam bidang lingkungan, dan terakhir Pertamina Berdikari dalam bidang pemberdayaan masyarakat.

Pada kesempatan tersebut RU III Plaju juga menyerahkan bantuan berupa jembatan gantung di Desa Banuayu, Kecamatan Lubuk Batang, OKU yang diterima langsung oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten OKU. Sebelumnya, jembatan di desa ini terputus akibat luapan Sungai Ogan sehingga menyulitkan mobilisasi masyarakat sekitar khususnya menuju perkebunan.

“Saya berharap dengan bantuan jembatan gantung ini bisa sedikit membantu aktivitas warga dan masyarakat sekitar, jadi pilihan mereka tidak hanya terbatas dengan menggunakan perahu untuk menyebrangi sungai,”pungkasnya. (ima)

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

Axis-Ultimo Hombre Gelar Esports

Palembang, KoranSN PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melalui AXIS, menjalin kerjasama dengan perusahaan esports ...

error: Content is protected !!