Home / Ekonomi / Pertariders dari Hobi, Berbagi Hingga Ibadah

Pertariders dari Hobi, Berbagi Hingga Ibadah

Komunitas Pertariders melakukan Charity Through Riding. (foto-ist)

Palembang, koranSN

Panas dan lelah, basah dan dinginnya udara yang menusuk tubuh karena hujan seketika berubah menjadi sejuk dan kehangatan karena canda tawa serta senyuman karena berbagi. Bak peribahasa habis gelap terbitlah terang, itulah yang menjadi semangat Pertariders dalam menjalankan misinya, Charity Through Riding sejak Februari 2018. Dari hobi, berbagi hingga ibadah menjadi misi dari terbentuknya Pertariders.

Pertariders lahir dari besutan pencinta motor atau bikers Pertamina yang sudah malang melintang mengikuti kegiatan komunitas motor, Budi Yendri yang saat ini menjadi presiden Pertariders bersama Dicky Firmansyah, yang saat ini menjadi salah satu dewan penasehat aktif di Pertariders.

Ketika itu, Budi ingin menjembatani hobi sekaligus bisa berkontribusi lebih bagi Pertamina, dari sinilah Budi mengusulkan ide untuk menciptakan Komunitas Motor Pertamina sebagai salah satu perpanjangan tangan perusahaan terhadap masyarakat. “Selain berbagi hobi dengan teman-teman, kami punya misi untuk berbagi dan mengedukasi tentang Pertamina di setiap kami mengaspal,” katanya.

Meski baru mau menginjak umur satu tahun, Pertariders sudah memiliki banyak kenangan manis disetiap perjalanannya, salah satunya adalah perjalanan ke Pulau Bangka pada Mei 2018. Dalam perjalanan tersebut, Pertariders mengunjungi dua (2) tempat, Masjid At Taqwa di Desa Lampur, Bangka Tengah dan Panti Asuhan Baiturrahman Annur di Pangkal Pinang.. “Charity Ride to Bangka, awal dari misi Pertariders, kami mulai disini,” cerita Budi.

Baca Juga :   Pertamina Sumbagsel Tambah Pasokan LPG

Perjalanan diawali menuju Bangka Tengah dari Palembang, ditengah dinginnya hujan, akhirnya Pertariders sampai di Masjid At Taqwa, Masjid tertua di Desa Lampur Bangka Tengah yang sudah kokoh berdiri sejak tahun 1967.

Dalam keadaan basah kuyup, Pertariders disambut hangat oleh masyarakat, sekaligus pada hari ini mengikuti Ibadah Sholat Jumat. Tidak terasa lagi dinginnya badan ketika kehangatan masyarakat sekitar menyambut baik kedatangan Pertariders untuk kembali berkontribusi untuk renovasi bagian Masjid At Taqwa.

Tiba di Pangkal Pinang, antara terkejut, sedih, hingga ingin tertawa dirasakan semua bikers Pertariders ketika mendengar jawaban apa yang diketahui anak-anak di panti asuhan dan pengurusnya tentang Pertamina. “Jual bensin dan Pertamini. Potret ini makin mendorong kami untuk terus berbagi dan mengedukasi, kami harus membuat masyarakat bangga terhadap perusahaan ini, karena perusahaan ini kan milik bangsa Indonesia,” tutur Budi dengan semangat.

Suasanapun mencari saat penjelasan mulai diberikan secara perlahan oleh bikers Pertariders, topangan dagu anak-anak saat mendengarkan dengan seksama menjadi sebuah ‘bayaran’ yang tidak dapat dinilai setelah menempuh perjalanan dari Palembang hingga Pulau Bangka. Kunjungan ini dilengkapi dengan pemberian sedikit rezeki dan hiburan untuk anak-anak dengan sekedar naik motor tunggangan Pertariders, jangankan lelah, senyum dan tawa para anak-anak ini bahkan menambah semangat riders untuk terus berkontribusi lebih kedepannya.

Baca Juga :   The Alts Sajian Menu Internasional

“Badan udah besar, gaya jantan, tapi banyak dari kamipun menangis melihat reaksi dan sambutan Panti Asuhan Baiturrahman Annur. Membantu itu bukan masalah bisa atau tidak, tapi kemauan, dan pada hari ini kami merasakan betapa membantu itu tidak susah, bahkan hobi seperti ini bisa sekaligus membantu,” Budi melanjutkan.

Apresiasipun muncul dari berbagai pihak, salah satunya dukungan dari Direktur Sumber Daya Manusia, Koeshartanto dan Direktur Pengolahan Budi Santoso Syarif, menurut keduanya, Pertariders bisa sangat bermanfaat bagi kegiatan internal maupun eksternal Pertamina. Desember 2018 lalu, sebagai bentuk apresiasi, baik Koeshartanto dan Budi meresmikan langsung Pertariders Chapter Balongan dan rencananya akan diresmikan juga Pertariders nasional.

Kedepannya, komunitas yang sudah terdaftar dalam Ikatan Motor Indonesia (IMI) sebagai induk dalam melakukan kegiatan bermotor ini akan terus melebarkan sayap, memperbanyak anggota di seluruh Indonesia, dan memastikan roda-roda ini terus berputar membagi edukasi serta kebahagiaan.

“Hobi, berbagi, ibadah, apalagi yang kita cari? Perjalanan perdana Pertariders dalam Charity Ride to Bangka ini sudah menyimpulkan bahwa misi kami ini tidak lain adalah untuk kebahagiaan bersama, tidak hanya Pertariders, tapi masyarakat disekitar kami,” pungkas Budi. (ima)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Cultural Hub Ajak Masyarakat Kenali Budaya Sumsel

Palembang, KoranSN Beragam cara masyarakat untuk memperingati kemerdekaan Indonesia, salah satunya dengan mengangkat kembali kebudayaan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.