Penyerahan Dokumen Syarat Minimal Dukungan Pasangan Calon Perseorangan Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Tahun 2020

Pertumbuhan Ekonomi Sumsel Capai 5,6 %

Gubernur Sumsel Herman Deru dan Kepala BI Yunita Resmi Sari saat menghadiri rapat tahunan BI di Hotel Novotel. (foto-humas pemprov)

Palembang, KoranSN

Pertumbuhan ekonomi dunia saat ini sedang turun dratis, 2018 dengan angka 3,6%, 2019 dengan angka 3,0% dan pada tahun 2020 pada angka 3.1%. Sedangkan untuk pertumbuhan perekonomian Sumsel saat ini meningkat di atas Nasional. Hal tersebut dikatakan Gubernur Sumsel, H. Herman Deru saat menghadiri Rapat Tahunan Bank Indonesia 2019 di Hotel Novotel Palembang, kemarin.

Dikatakannya, pertumbuhan perekonomian Sumsel saat ini mencapai 5,6% di atas pertumbuhan perekonomian nasional yang hanya 5,02%. Proyeksi pertumbuhan ekonomi Sumsel pada tahun 2019 diperkirakan tumbuh tinggi dan akan meningkat di tahun 2020.

“Berkat kerjasama, koordinasi dan kolaborasi kita, TPID itu membuahkan hasil. Sumsel saat ini pertumbuhannya telah divatas Nasional dan Sumsel hanya bersaing pertumbuhan perekonomian dengan Sulawesi dan Kaltim,” ujar Deru.

Baca Juga :   Periksa Saraf Otak di RS Siloam Rp 2,8 Jutaan

Dia menyebut inflasi di Sumsel tetap terkendali pada level rendah dan stabil. Inflasi Sumsel pada November 2019 turan 2,5% dan akan tetap terkendali sesuai sasaran hingga 3,0% pada tahun 2020 dan inflasi Sumsel saat ini di bawah inflasi nasional.

“Saya sangat senang sekali melihat turunnya angka inflasi Sumsel di bawah nasional,” ujar Deru.

Sementara itu Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumsel Yunita Resmi Sari menyebut, elektonifikasi keuangan Pemerintah Daerah di Sumatera Selatan kini telah mencapai 100%.

Untuk menghadapi langkah ke depan, Sumsel perlu melaksanakan 3 faktor kunci. Pertama Penguatan Sinergi yaitu , kedua penguatan transformasi, dan ketiga penguatan inovasi.

Dijelaskannya, sepanjang tahun 2019, pertumbuhan ekonomi Sumsel dinilai baik tercermin dari kinerja pada triwulan III/2019 sebesar 5,67 persen atau di atas pertumbuhan ekonomi nasional dan regional Sumatera.

“Sehingga pertumbuhan ekonomi Sumsel dapat meningkat dalam kisaran 5,6-6,0 persen pada tahun 2019,” kata dia.
Sementara secara nasional, pertumbuhan ekonomi Indonesia diperkirakan berada di sekitar 5,1 persen pada 2019 dan akan meningkat dalam kisaran 5,1-5,5 persen pada tahun 2020.

Baca Juga :   ASUS ZenFone Max Pro M1, Hp untuk Gamers

Bank Indonesia dikatakannya, memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Sumatera Selatan mencapai kisaran 5,7-6,1 persen pada tahun 2020 didorong oleh sektor investasi.

Dikatakannya, peningkatan pertumbuhan ekonomi di Sumatera Selatan tidak lepas dari adanya sejumlah proyek strategis nasional di daerah itu. “Seperti pembangunan jalan tol Trans Sumatera, ini bisa mendongrak investasi di Sumsel,” kata dia.

Yunita menambahkan peningkatan investasi tersebut juga didorong oleh keyakinan pelaku usaha terhadap iklim investasi di Sumsel. Selain itu pertumbuhan ekonomi Sumsel juga dapat terdongrak karena konsumsi rumah tangga yang diperkirakan tumbuh stabil. (ima)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Gojek Ajak Mitra Jadi Agen Keselamatan Lalu Lintas

Palembang, KoranSN Gojek hari ini kembali menegaskan komitmennya dalam menciptakan layanan transportasi yang aman bagi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.