Petani Pagaralam Kunjungi Eksportir Kopi Malang

Ilustrasi petani kopi. (foto/net)
Ilustrasi petani kopi. (foto/net)

Pagaralam, KoranSN

Puluhan petani kopi yang tergabung dalam kelompok tani di Kota Pagaralam, Selasa (1/11/2016) berangkat mengikuti pelatihan sekaligus melihat lebih dekat pengolahan biji kopi ke salah satu eksportir terbesar di Desa Amadom, Kecamatan Dampit, Malang, Jawa Timur.

Walikota Pagaralam, Ida Fitriati, pada kesempatan temu kenal dengan petani yang diberangkatkan mengatakan, diharapkan petani benar-benar serius mempelajari cara-cara menghasilkan biji kopi yang berkualitas.

“Disana (Malang), pelajari cara pengolahan biji kopi yang baik dengan pelaku usaha kopi disana,” ujar Ida.

Sementara itu, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kota Pagaralam, Jumaldi Jani melalui Kabid Kelembagaan dan P2HP, Diki Herlambang mengatakan, kunjungan pelatihan ini untuk mempelajari cara pengolahan biji kopi pasca panen yang berkualitas baik.

Baca Juga :   Jalan Lintas Pagaralam - Lahat Banyak Rusak

“Sebanyak 26 petani tergabung dalam poktan, kita berangkatkan mengunjungi eksportir kopi, PT Asal Jaya, Kota Malang, Jatim. Selain petani, juga melibatkan penyuluh, perwakilan SKPD di lingkungan Pemkot Pagaralam, seperti Bapeda dan Perindagkop UKM PP,” terangnya.

Sasaran Pemkot melalui Dishutbun, produksi panen kopi Pagaralam yang dihasilkan petani diharapkan bisa menjadi pemasok ke eksportir disana. Sebab, beberapa tahum silam, salahsatu pengusaha kopi Pagaralam sempat menjadi suplayer ke gudang eksportir. Peluang ini diharapkan bisa berlanjut lagi, kopi Pagaralam bisa disuplay ke sana untuk memenuhi pasar ekspor.

Baca Juga :   Dishub Lubuklinggau Tertibkan Parkir Liar

“Selain melihat cara pengolahan, kita berusaha menjalin MoU dengan eksportis kopi disana. Usai kunjungan ini, petani bisa merubah pola lama pengolahan biji kopi, semisal harus petik merah, tak lagi menjemur diatas tanah, melainkan sudah menjemur dilantai jemur permanen,” pungkasnya. (asn)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Anton Wijaya

Avatar

Lihat Juga

Polisi Bentuk Tim Usut Tewasnya 11 Penambang Ilegal di Muara Enim

Muara Enim, KoranSN Pihak kepolisian Polres Muara Enim, Kamis (22/10/2020) membentuk tim untuk mengusut kasus …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.