Home / Gema Sriwijaya / Piala Bupati OKI Direbutkan 16 Tim Bidar

Piala Bupati OKI Direbutkan 16 Tim Bidar

Sukseskan Asian Games di Jakarta dan Palembang Tahun 2018
Dedy Kurniawan SSTP. (foto-maniso/koransn.com)

Kayuagung, koranSN

Guna meramaikan perayaan HUT Kemerdekaan RI ke 72 tahun, Kecamatan Kota Kayuagung menggelar lomba Perahu Bidar di Sungai Komering pada 18 Agustus mendatang. Dalam perlombaan ini, sebanyak 16 tim dari 11 kelurahan dan 5 desa di kecamatan tersebut akan bersaing ketat memperebutkan Piala Bupati OKI, H Iskandar SE serta hadiah uang puluhan juta rupiah sebagai uang pembinaan.

Camat Kota Kayuagung, Dedy Kurniawan SSTP kemarin menjelaskan, lomba Bidar ini merupakan tradisi budaya yang terus dilestarikan sejak nenek moyang sebagai ciri khas atau icon Kota Kayuagung dan Kabupaten OKI.

“Tahun ini ada 16 tim yang akan ambil bagian dalam lomba yang memperebutkan Piala Bupati OKI. Timnya yakni; Desa Arisan Buntal, Desa Lubuk Dalam, Desa Tanjung Menang, Desa Serigeni Baru dan Desa Tanjung Lubuk serta 11 kelurahan yakni; Sukadana, Sidakersa, Mangunjaya, Perigi, Cintaraja, Tanjung Rancing, Jua-Jua, Kutaraya, Kayuagung Asli, Paku dan Kedaton yang merupakan juara bertahan,” terang camat kemarin.

Camat menjelaskan, setiap tim terdiri dari 12 pendayung dan diperbolehkan menyewa pendayung dari desa/kelurahan lain dalam Kecamatan Kota Kayuagung dengan jumlah pendayung bayaran maksimal 7 orang.

“Pendayung bayaran ini harus warga Kota Kayuagung, bukan dari kecamatan lain. Kita berharap kesepakatan ini dipatuhi sehingga tim tersebut tidak didiskualifikasi,” tegas camat.

Lomba Perahu Bidar ini direncanakan akan dibuka oleh Bupati OKI, H Iskandar SE pada Jumat (18/8/2017) sekitar pukul 08.00 WIB bertempat di Kelurahan Jua-Jua Kayuagung.

“Kegiatan ini diselenggarakan selama 1 hari, sehingga sore harinya langsung dilakukan final. Jika tidak berhalangan, Insya Allah Pak Bupati akan menyerahkan Piala secara langsung,”tandasnya.

Bukan hanya pada perayaan HUT RI saja, lomba Perahu Bidar juga selalu diselenggarakan pada moment perayaan HUT Kabupaten OKI. Selain warga Kayuagung, warga Kecamatan Pedamaran pun kerap melakukan hal serupa dengan menggelar lomba Bidar di Sungai Babatan Pedamaran di setiap perayaan hari-hari besar nasional guna melestarikan budaya nenek moyang. (iso)

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kabupaten Lahat Periode 2019-2024

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

HUT RI, Garis Milang Kibarkan Bendera di Atas Tebing

Lahat, KoranSN Dalam rangka menyambut peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73, sebuah bendera pusaka merah ...

error: Content is protected !!