Pilkades di OKI Bertambah Jadi 160 Desa

pilkades
Kayuagung, SN

Jumlah desa yang akan melaksanakan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) terus mengalami penambahan. Kini jumlah desa yang siap memilih pemimpin di desa mereka menjadi 160 desa.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) OKI Nursula SSos kepada wartawan kemarin menjelaskan, bertambahnya jumlah desa yang ikut Pilkades karena ada desa yang masa jabatan kepala desanya akan berakhir bulan Desember mendatang.

“Jadi desa-desa itu memilih mengikuti Pilkades serentak pada bulan Agustus 2015 nanti. Awalnya desa yang akan Pilkades berjumlah 150, lalu bertambah menjadi 158 dan kini menjadi 160 desa,”jelasnya.

Dibeberkannya, sebagian desa masa jabatan kepala desanya sudah berakhir tahun 2014 lalu, sebagian kecil habis masa jabatan tahun ini hingga akhir tahun nanti. Seluruh panitia  Pilkades sudah melaksanakan tahapan Pilkades sejak bulan Mei yang lalu.

Baca Juga :   Kajari Muara Enim Sosialisasikan TP4D ke Pemkab PALI

Diakuinya, banyak dampak positif jika Pilkades digelar secara serentak, di samping menciptakan efesiensi dan efektifitas pelaksanaan Pilkades, juga menjamin objektivitas serta menjamin validitas data pemilih sehingga tidak menimbulkan konflik di tengah masyarakat.

Bagi panitia pelaksanaan Pilkades, BPMPD OKI akan membantu pendanaan Rp 5 juta/desa. Bantuan tersebut nantinya diperuntukkan pada operasional dalam pelaksanaan Pilkades mulai dari menyiapkan tenda, bilik suara, surat suara dan kebutuhan untuk menunjang terlaksananya Pilkades.

“Bantuan dari Pemkab OKI kami akui memang sangat kecil dan kurang. Tapi nanti ada bantuan dana dari setiap calon Kades,”sambung Nursula.

Fauzan selaku Kabid Pemerintahan Desa pada BPMD OKI menambahkan, 160 desa yang akan menggelar Pilkades tersebut masing-masing di kecamatan Air Sugihan ada 12 desa, kecamatan Cengal 11 desa, kecamatan Jejawi 10 desa, Kayuagung sebanyak 9 desa, Lempuing 9 desa, Lempuing Jaya 6 desa, Mesuji 11 desa, Mesuji Makmur 12 desa, Mesuji Raya 9 desa.

Baca Juga :   Warga Keluhkan Kinerja Dinkes Muratara

Kecamatan Pampangan 10 desa, Pangkalan Lampam 7 desa, Pedamaran 10 desa, Pedamaran Timur 3 desa, SP Padang 8 desa, Sungai Menang 5 desa, Tanjung Lubuk 5 desa, Teluk Gelam 6 desa dan Tulung Selapan sebanyak 15 desa.(iso)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Ferdin Ferdin

Avatar
Pewarta Harian Suara Nusantara, www.koransn.com, Mingguan Suara Negeriku.

Lihat Juga

Owner Produk Olahan di OKUS Terima Dana Pembinaan

Muaradua, KoranSN Pemerintah Daerah OKU Selatan hadir memberikan dorongan semangat, sekaligus dana pembinaan terhadap kreativitas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.