Home / Advetorial / Pimpinan DPRD OKU Tepati Janji, 4 Anggota Dewan Di-PAW

Pimpinan DPRD OKU Tepati Janji, 4 Anggota Dewan Di-PAW

Prosesi pelantikan 4 anggota dewan PAW. (foto-ist)

SETELAH berproses dengan rentang waktu lumayan panjang, Pimpinan DPRD Ogan Komering Ulu (OKU) menepati janjinya untuk sesegera mungkin melakukan rapat paripurna Penggati Antar Waktu (PAW) untuk 4 orang anggota dewan yang tertunda pelantikanya.

Keempat Anggota DPRD Pengganti Antar Waktu yang dikukuhkan tersebut, yakni Muhammad Ismi Madian menggantikan Sahril Ilmi (Partai Keadilan Sejahtra), Lalu Maskur menggantikan Kamaludin (PKPI), kemudian Radios Irawan menggantikan kedudukan Yudi Purna Nugraha (PKB), dan Aditya Citra Indah Dewi Lestari menggantikan posisi sejawatnya Paranto (PAN).

Keempatnya di sumpah oleh Ketua DPRD OKU Zaplin Ipani, SE didamping Wakil Ketua Hj Indrawati MH dan wakil Ketua Ferlan Yuliansyah Id Murod di hadapan sidang paripurna yang dihadiri Bupati OKU Drs H Kuryana Azis, Jumat (30/11/2018).

Seluruh PAW ini berlatar belakang pengunduran diri dari partainya, karena mencalonkan diri kembali melalui partai lain.

Zaplin Ipani yang langsung memimpin prosesi pengukuhan sumpah mengatakan, pelantikan ini harus dilaksanakan sesuai amanat undang-undang, sehubungan terbitnya keputusan Gubernur Sumsel No: 633/KPTS/I/2018, No: 635/KPTS/I/2018, No: 636/KPTS/I/2018, dan No: 638/KPTS/I/2018 tentang Peresmian dan Pemberhentian Anggota DPRD OKU masa jabatan periode 2014-2019.

“Atas nama unsur pimpinan serta atas nama seluruh anggota dewan, kami menghaturkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada saudara Yudi Purna Nugraha, Sahril Elmi, Kamaludin dan Parwanto, atas pengabdian dan kebersamaanya selama ini, dan kami semua juga mengucapkan selamat bertugas kepada anggota dewan yang baru saja dilantik, mari kita laksanakan kewajiban kita dengan penuh pengabdian dan rasa tanggung,” kata Zaplin.

Baca Juga :   Sukseskan Pemilu, Bupati OKI Keliling TPS

Terpisah, Anggota DPRD OKU yang baru dilantik Ismi Madian mengaku lega setelah dilaksanakanya pelantikan ini.

“Kalau kehendak kami berempat semua sudah dilantik awal November kemarin, hingga bisa ikut serta melakukan pembahasan RAPBD OKU, mungkin unsur pimpinan sedang sibuk dengan urusan APBD, makanya sempat tertunda,” kata Ismi.

Senada, dikemukakan Maskur yang jadi PAW rekannya Kamaludin. “Memang pelantikan kita hari ini berlangsung setelah melalui proses alot dan panjang, tapi itulah namanya perjuangan, kalau tidak disebabkan aturan karena mundurnya rekan kami Kamaludin, mungkin saya tidak jadi dewan pengganti yang harus bertugas tinggal 9 bulan lagi ini,” katanya.

“Dalam kurun waktu yang cukup singkat ini saya bertekad andai masih bisa memberikan pengabdian terbaik untuk rakyat, kenapa tidak,” kata Maskur.

Baik Ismi maupun Maskur merupakan politisi yang kini duduk kedua kalinya di DPRD OKU, hingga seluk beluk tugas serta menyangkut kewenangan dewan, mereka sudah sangat paham.

“Kebetulan periode ini kami kembali ke DPRD untuk kedua kalinya, walau tinggal beberapa bulan lagi, insyaallah amanah,” kata keduanya.

Anggota dewan yang hadir pada acara pelantikan.

Terpisah, Radios Irawan yang di PAW menggantikan Yudi Purna Nugraha mengaku, meski dalam pengabdian yang tersisa 10 bulan lagi, dirinya akan berbuat maksimal untuk Kabupaten OKU, bila menyangkut tugas dan kewenagan dewan.

“Memang waktu efektif pengabdian kami hanya sekitar 10 bulan saja, karena kita dilantik sesudah pembahasan RAPBD OKU tahun 2019, secara formal tidak bisa lagi berbuat banyak untuk memperjuangkan aspirasi rakyat yang saya wakili, terutama wilayah Batumarta,” katanya.

Baca Juga :   DPRD Sumsel Dengarkan Penjelasan Gubernur Sumsel

“Sebelumnya saya sudah punya tekad jika duduk di legislatif ini, hal pertama yang akan saya perjuangkan adalah jalan yang menjadi urat nadi ekonomi Batumarta, walau masa pengabdian kami sangat pendek, tapi saya masih akan berupaya maksimal dalam hal apapun untuk berjuang demi rakyat di Dapil saya,” tambah Radios.

Sementara, satu satunya perempuan yang ikut di-PAW Adtya Citra Indah Dewi Lestari yang menggantikan posisi Paranto mengaku akan mempersembahkan yang terbaik untuk daerah meski waktu tersisa sangat pendek.

“Saya konsisten tidak jadi penggembira saja di lembaga dewan terhormat ini. Walau usia saya masih muda tapi sekecil apapun saya harus mempersembahkan sesuatu yang bisa bermanfaat untuk orang banyak, apapun bentuknya, sesuai tanggungjawab dan tugas dewan, insyaallah saya akan kompak bermitra dengan seluruh anggota lainya selama masa pengabdian di legislatif ini,” tegas Citra.

Bupati OKU Drs Kuryana Aziz saat pengukuhan keempat anggota dewan ini mengatakan, sumpah janji PAW merupakan awal pelaksanaan tugas.

“PAW ini bukan karena sebuah bencana, tapi terlaksana atas kehendak sendiri-sendiri, karena dewan sebelumnya memilih pindah ke partai lain,” kata Kuryana.

Bupati mengatakan, kemajuan pembangunan di OKU tidak terlepas dari hubungan kerja yang harmonis antara legislatif dan eksekutif, hingga lahir kontribusi positif dari stakeholder dalam rangka mengoptimalkan kebijakan pemerintah daerah.

“Dalam konteks inilah peran dan fungsi DPRD diperlukan untuk menunjang implementasi otonomi daerah, karena DPRD mempunyai peran besar dalam mewarnai jalanya roda pemerintahan dan arah pembangunan,” ungkap Bupati. (had/adv)

Konser Westlife di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Herman Deru Segera Kumpulkan Bupati/Walikota Temukan Inovasi Industri Daur Ulang Sampah

PEMERINTAH Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) beserta Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota tidak boleh kaku dalam hal penanganan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.