PLN Sebut Faktor Cuaca Sering Ganggu Jaringan

Ilustrasi. (foto-net)
Ilustrasi. (foto-net)

Banyuasin, KoranSN

Derasnya aksi protes dari Warga Kabupaten Banyusin, khususnya yang ada di ibu kota Kabupaten Banyuasin seperti warga Kecamatan Banyuasin III, terkait seringnya ‘byarpet’ atau pemadaman listrik di wilayah mereka direspon oleh PLN Persero Cabang Palembang ranting Pangkalan Balai.

Manager PLN ranting Pangkalan Balai. Erwin Priadi, ST mengatakan ‘byarpet’ terjadi karena gangguan cuaca yang menyebabkan peralatan dan material menjadi rusak, seperti gardu meledak dan kabel putus. Untuk meminimalisir kejadian tersebut, pihaknya meminta kepada masyarakat untuk bisa membantu anggotanya yang melakukan pemampasan ranting pohon dengan cara mengizinkan mereka memampas ranting pohon.

“Untuk peralatan dan material di jaringan sudah kami koordinasikan dengan PLN area Palembang, cuma kendalanya jaringan TM (penyulang) kami ini sangat panjang, dan melintasi perkebunan dan lokasi rawan pohon,” katanya, kemarin.

Baca Juga :   Warga Bentayan Rindukan Sosok Gubernur Herman Deru yang Mengayomi dan Hobi Blusukan

Ditambahkannya, selain kendala panjangnya penyulang, pihaknya juga kesulitan saat melakukan pemampasan ranting pohon.

“Info dari petugas pampas pohon kami, banyak warga yang tidak rela pohon dekat jaringan listriknya ditebang. Kalau menurut aturan aman dari PLN 5 Meter kiri dan kanan jaringan harus bersih dari ranting pohon,” ujarnya.

Ketika ditanya apakah pihak PLN sudah mensosialisasikan ke masyarakat untuk dapat membantu membersihkan dahan pohon yang berada di lahan tiang listrik, ia mengaku pihaknya baru sebatas memberikan surat ke Camat dan untuk mensosialisasikan secara langsung pihaknya masih sibuk.

Baca Juga :   Bupati Banyuasin Buka Rakornas LPPL Radio se-Indonesia

“Kalau surat sudah kita kirimkan ke kecamatan, tapi akhir tahun ini sibuk kerjaan lain. Agar tim kita tidak takut nanti saya buatkan surat tugas khusus ke tim pampas kami, untuk jadi pegangan petugas di lapangan kalau yang ke camat sudah lama, cuma nanti kita buatkan lagi surat untuk sosialisasi ke masyarakat dalam jangka waktu dekat,” pungkasnya. (sir)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Decky Canser

Avatar

Lihat Juga

15 Tahun Mangkrak, Herman Deru Tuntaskan Jembatan Rantau Bayur

Banyuasin, KoranSN Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Herman Deru akhirnya melanjutkan penyelesaian pembangunan jembatan yang …