PLTMH Niagara Masih Tahap Uji Coba Sementara, Menunggu Kajian SLO

POTENSI MIKROHIDRO-Seorang warga mengecek mikrohidro yang berada di Desa Karangtengah, Kecamatan Cilongok, Banyumas, Jawa Tengah (Jateng), beberapa waktu lalu. Tahun 2009 ini, Banyumas bakal mengembangkan enam unit pembangkit listrik tenaga mikro hidro di beberapa kecamatan untuk menunjang desa yang belum terjangkau PLN. Foto LILIEK DHARMAWAN

Muaradua, SN

Sementara Masih Menunggu Kajian SLO (Standar Layak Operasional), Pembangkit listrik Tenaga Mini Hidro (PLTMH) Niagara yang berkapasitas 2X850 KW saat ini sedang di uji cobakan memasok daya listrik ke jaringan milik PLN di dua kecamatan meliputi kecamatan Banding Agung dan Kecamatan Mekakau Ilir.

Hal itu dijelaskan Suvervisor kontraktor pembangunan PLTMH Edwin, menjelaskan untuk PLTMH yang baru selesai dibangun berlokasi di desa Rantau Nipis Kecamatan Banding Agung OKU Selatan  bahwa uji coba dilakukan untuk menyalurkan listrik ke desa Teluk Agung kecamatan Mekakau dan Desa Banding Agung.

Menurut Edwin, jika uji coba yang dilakukan masih terdapat adanya kendala seperti gangguan yang terjadi pada jaringan, sementara kita masih menunggu SLO (Standar Layak Operasional) oleh PLN. “Itu saja, kalau untuk pembangkitnya sudah fit dan siap dioperasikan tinggal tergantung kajian SLO dari PLN,” katanya.

Baca Juga :   Walikota Lubuklinggau: Sembako Sudah Didistribusikan ke 37 Ribu KK, Akan Dilanjutkan Tahap Tiga

Saat ini tidak ada lagi masalah semua dalam kondisi baik, semua komponen dibawah poengawasan tenaga ahli yang didatangkan dari Cina. Hanya saja diakui Edwin ada salah satu turbin pembangkit yang mengalami troble namun itu sudah diperbaiki pembanglit tersebut sudah kembali normal.

Sementara itu Kepala PLN Rayon Muaradua Reza mengatakan, PLTMH tersebut beroperasi dengan kapasitas daya yang dihasilkan 1,7 MW yang mampu
mengkoper 2000 pelanggan di dua kecamatan Banding Agung dan kecamatan Mekakau Ilir. “2000 pelanggan akan dialiri listrik dari PLTMH yanhg nantinya jika sudah tersambung,” sebut Reza.

Baca Juga :   TP PKK Muratara Berikan Makanan Tambahan untuk Anak Usia Dini

Namun pihaknya dalam pendistribusian daya dari PLTMH Niagara akan memprioritaskan di  kecamatan mekakau tersebut yang saat ini masih mengandalkan tenaga diesel.

“Sasaran kita untuk 2000 pelanggan adalah mereka yang berada di kecamatan mekakau dan sebagian di kecamatan Banding Agung,” tandasnya. (dan)

Publisher : Ferdin Ferdin

Avatar
Pewarta Harian Suara Nusantara, www.koransn.com, Mingguan Suara Negeriku.

Lihat Juga

Heri Amalindo Sembuh dari Corona

PALI, KoranSN Setelah dinyatakan negatif dari Covid-19 oleh Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Palembang melalui …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.