Home / Kota Musi / PNS Berbondong-bondong Ambil Cuti Akhir Tahun

PNS Berbondong-bondong Ambil Cuti Akhir Tahun

Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Palembang Periode 2018-2023
Ilustrasi. (foto-net)

Palembang, KoranSN

Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang berada di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, sepertinya berbondong-bondong untuk mengambil cuti diakhir tahun 2016 ini hingga ke Januari 2017 mendatang. Pasalnya, pada hari pertama masuk usai libur natal pada Selasa (27/12/2016) ini, banyak pegawai Pemkot yang tidak berada di tempat mereka bekerja diketahui sedang mengambil cuti liburan akhir tahun.

Hal ini diungkapkan oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Palembang, Sulaiman Amin saat melakukan pengecekan terhadap PNS di Setda Kota Palembang yang diikuti oleh Sekretaris Daerah (Setda) Kota Palembang bersama Inspektorat, Selasa (27/12/2016).

“Berdasarkan, kita belum menemukan yang bolos, hanya saja ada yang lanjut libur karena cuti dan masuknya pada awal Januari. Akhir tahun ini cuti bersamanya memang cukup panjang, cukup untuk istirahat,” katanya.

Sulaiman menjelaskan, PNS diberikan hak untuk mengambil cuti akhir tahun. Tetapi pihaknya mengingatkan agar para pegawai di lingkungan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Palembang tidak terlena oleh libur panjang ini.

“Setelah waktunya masuk kerja, harus masuk, jika tidak, kita akan segera berlakukan sanksinya, berupa Surat Peringatan (SP). Kita minta kepala SKPD untuk mengingatkan dan mengecek para pegawainya,” tandasnya.

Berdasarkan catatan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Palembang, Ratu Dewa mengatakan, sepanjang Januari hingga 27 Desember 2016, ada sekitar 327 pegawai yang mengambil cuti dari total 12.412 PNS Palembang. “Eselon III ada 8 orang. Eselon IV ada 50 orang dan staf 269 orang,” sebutnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Palembang, Darmawan menambahkan, hal ini merupakan suatu yang wajar, asalkan tidak dilakukan oleh pegawai di bagian operasional Pemkot Palembang, agar tidak mengganggu pelayanan publik.

“Sebetulnya pegawai di bagian operasional SKPD jangan melakukan cuti, karena dikhawatirkan akan mengganggu pelayanan publik, seperti Dinas Kesehatan, bagian pelayanan BPM-PTSP, dan lainnya, yang tidak mengganggu pelayanan. Untuk itu, Pemkot mesti memilah-milah pegawai yang akan cuti. Misal bagian front office atau staff biasa, agar tidak ada kekosongan terutama dibagian pelayanan publik,” pungkasnya. (tya)

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

Dukung Asian Games, Gojek Palembang Padati Griya Agung

Palembang, KoranSN Ribuan Ojek Online (Ojol) yang tergabung dalam Komunitas Gojek Online Palembang dan sekitarnya ...

error: Content is protected !!