Pola Pengasuhan Tentukan Karakter Anak

Sri Murniasih. (foto-ist)

Musirawas, KoranSN

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Musi Rawas (Mura), Jamil Kamal, melalui Kabid Perlindungan Perempuan dan Anak, Sri Maimunah, Rabu (11/12/2019) menjelaskan, pihaknya telah mengembangkan Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga).

Pengembangan ini melalui Surat Keputusan Bupati Mura H Hendra Gunawan Nomor 280/KPTS/DPP-PA/2019 tentang Pembentukan Pusat Pembelajaran Keluarga Mura Sempurna Periode 2019-2021. Menurutnya, dalam Puspaga ada tiga layanan yang dilakukan dalam melindunggi anak, mulai dari pencegahan, rujukan dan administrasi atau pencatatan.

Pihaknya menekankan pada pola pengasuhan, sebab mempunyai peran yang sangat penting dalam sebuah keluarga, sebab akan menentukan baik buruknya karakter seorang anak kelak.

Baca Juga :   Petani di Muratara Terancam Gagal Panen

Kegagalan keluarga dalam melaksanakan tanggung jawab pengasuhan, disertai lemahnya program pemerintah dalam membantu keluarga tersebut untuk mengasuh dan melindungi anak, dikhawatirkan akan menyebabkan anak berada dalam kondisi rentan dan beresiko mengalami kekerasan, perlakuan salah lainnya.

“Puspaga, sebagai tempat pembelajaran bertujuan untuk meningkatkan kualitas kehidupan, menuju keluarga sejahtera,” ujarnya.

Melalui peningkatan kapasitas orang tua atau keluarga yang bertanggung jawab, terhadap anak dalam mengasuh dan melindungi anak, diharapkan tidak ada anak yang terdiskriminasi.

“Hak-hak anak harus dilindunggi, dan ini merupakan salah satu indikator dikembangkannya Puspaga di Kabupaten Mura. Bahkan, kita telah membuka pelayanan Puspaga melalui kerjasama dengan Puskesmas setempat, dengan harapan tidak ada anak yang mengalami diskriminasi oleh pola asuh yang salah, dalam keluarganya,” pungkasnya. (rif)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Bupati OKI, Mahasiswa dan Petani Cari Solusi Konflik Lahan & Bansos Covid-19

Kayuagung, KoranSN Bupati Ogan Komering Ilir (OKI), H Iskandar SE menggelar dialog dengan perwakilan mahasiswa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.