Penyerahan Dokumen Syarat Minimal Dukungan Pasangan Calon Perseorangan Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Tahun 2020
Home / Headline / Polda Gerebek Home Industri Mie Formalin di Ilir Barat I

Polda Gerebek Home Industri Mie Formalin di Ilir Barat I

Pihak kepolisian menunjukkan barang bukti mie formalin. (foto-dedy/koransn)

Palembang, KoranSN

Setelah lima tahu beroperasi, home industri pembuatan mie basah yang mengandung formalin di Jalan Putri Rambut Selako Lorong Jadida Kelurahan Bukit Lama Kecamatan IB I Palembang, digerebek petugas kepolisian Subdit Indagsi Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sumsel.

Dalam pengungkapan kasus tersebut, polisi mengamankan barang bukti 2,4 ton mie basah mengandung formalin yang siap dipasarkan dan 19 liter cairan Formalin yang berada di dua galon kosong.

Selain itu pemilik home industri mie tersebut, yakni tersangka Frengky Wijaya alias Ahua (56) warga Jalan Mayor Ruslan Lorong Tunggal Kelurahan 20 Ilir Kecamatan IT I Palembang juga berhasil ditangkap petugas.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Sumsel, Kombes Pol Zulkarnain didampingi Kasubdit Indagsi AKBP Richard B Pakpahan, Selasa (10/12/2019) mengatakan, terungkapnya kasus home industri mie basah mengandung formalin tersebut bermula dari penyelidikan yang dilakukan pihaknya, yang kemudian dikerahkan tiga tim ke lokasi yang berbeda untuk melakukan penggerebekan.

“Untuk tiga tim yang kami turunkan ini, satu tim menyergap mobil pick up milik tersangka Frengky Wijaya alias Ahua yang saat itu sedang membawa mie basah mengandung formalin di kawasan Kambang Iwak untuk di pasarkan di Pasar Jakabaring. Kemudian tim kedua menggerebek home industri mie milik tersangka, lalu untuk tim ketiga melakukan penangkapan terhadap tersangka di kediamannya di Jalan Mayor Ruslan Palembang,” katanya saat menggelar ungkap kasus penangkapan tersangka Frengky Wijaya alias Ahua di Mapolda Sumsel.

Baca Juga :   Warga Palembang Nikmati Diskon 20 Persen Dengan Aplikasi My Blue Bird

Masih dikatakannya, dari hasil penyelidikan dan pemeriksaan terhadap tersangka yang dilakukan oleh pihaknya, diketahui jika home industri mie milik tersangka tersebut sudah beroperasi sejak lima tahun yang lalu.

“Jadi home industri milik tersangka ini sudah lama berdiri, dimana untuk omsetnya dalam satu hari mencapai sekitar Rp 13 juta. Sedangkan dari pengakuan tersangka untuk mie formalin yang diprodukasi di pasarkan bukan hanya di Pasar Jakabaring saja melainkan juga di dijual tersangka ke wilayah Banyuasin, Prabumulih, Ogan Ilir hingga ke OKI,” ungkapnya.

Dilanjutkannya, dalam kasus ini modus tersangka yakni tersangka mencampurkan formalin usai mie basah tersebut selesai diproduksi.

“Awalnya tersangka ini membuat mie basah, setelah mie dibuat barulah mie ini direndam ke dalam cairan formalin. Setelah itu barulah mie dipasarkan. Berdasarkan pemeriksaan Labfor terhadap mie tersebut, hasilnya semua mie postif mengandung formalin,” terangnya.

Baca Juga :   Quick Count Dodi-Beni Menang Mutlak Pilkada MUBA

Lebih jauh dikatakannya, kini tersangka Frengky Wijaya alias Ahua dan barang bukti telah diamankan di Polda Sumsel guna dilakukan proses hukum lebih lanjut.

“Dalam kasus ini tersangka Frengky Wijaya alias Ahua kami jerat dengan Pasal 136 huruf (b) Undang-Undang RI No.18 tahun 2012 tentang pangan Jo Pasal 8 ayat (1) Permenkes No. 033 tahun 2012 tentang bahan tambahan pangan yang ancaman hukumannya 5 tahun penjara,” tegasnya.

Sementara tersangka Frengky Wijaya alias Ahua mengakui, jika mie basah yang dibuat dan dipasarkan olehnya tersebut memang mengandung formalin.

“Saya mencampur mie itu dengan formalin supaya bisa untung, sebab jika direndam dengan formalin mie akan awet atau tahan lama. Apalagi mie yang saya buat ini juga saya pasarkan hingga ke luar Kota Palembang,” ujar tersangka.
Masih dikatakannya, jika sudah sekitar lima tahun dirinya membuat mie basah di home industri miliknya yang berada di kawasan Jalan Putri Rambut Selako IB I Palembang tersebut.

“Dalam membuat mie ini saya selalu dibantu oleh beberapa pekerja yang saya upah,” tandas tersangka. (ded)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Kawanan Pengguna Sabu Diringkus Tim Belut Polsek Gandus

Palembang, KoranSN A Subhan (52), warga Jalan Kapten A Rivai Lorong Muawanah Kelurahan 26 Ilir …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.