Home / Politik dan Pemerintahan / Polda Kerahkan 3000 Personel Amankan Arus Mudik

Polda Kerahkan 3000 Personel Amankan Arus Mudik

Sukseskan Asian Games di Jakarta dan Palembang Tahun 2018

Kapolda Sumsel Irjen (Pol) Prof Iza Fadri (kanan)
Palembang, SN

Kapolda Sumsel Irjen (Pol) Prof Iza Fadri, Rabu (1/7) mengatakan, sebanyak 3000 personel anggota kepolisian di Polda Sumsel dan jajaran dikerahkan dalam pengamanan arus mudik lebaran.

Menurut Kapolda, pengamanan arus mudik dititik beratkan di jalur lintas timur Sumatera dan jalur lintas tengah Sumatera. Hal ini dikarenakan, kedua jalur ini sangat ramai dilalui masayarakat saat melakukan mudik lebaran.

“Pengamanan arus mudik merupakan rangkaian operasi ketupat yang akan dimulai 12 Juli 2015 mendatang atau H-7 hingga H+7 lebaran. Bahkan sebelum operasi ketupat dilakukan, hingga saat ini operasi cipta kondisi dan operasi Kamtibmas program kerja 100 hari Kapolri masih dilakukan. Tujuannya, adalah untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif,” katanya usai upacara Hut Bhayangkara ke-69 di Mapolda Sumsel, kemarin.

Masih dikatakan Kapolda, saat ini ia juga telah mengintruksi kepada semua Kapolres yang wilayah hukumnya berada di dua jalur lintas sumatera tersebut agar membuat pos sementara.

“Penambahan pos sementara bertujuan untuk membantu pos pengamanan yang nanti juga akan didirikan disepanjang jalur arus mudik ,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Kapolda, ia juga telah menginturksikan kepada Kapolresta dan Kapolres di Sumsel untuk menyiagakan dua pos pengamanan masing-masing setiap polresnya.

“Jadi, selain jalur lintas timur dan lintas tengah disediakan pos. Di wilayah hukum polresta dan polres lainnya di Sumsel juga kita sediakan pos pegamanan. Ini dilakukan untuk menjaga dan mengatur pengguna jalan dalam arus mudik lebaran tahun ini,” tutupnya.

Sementara Pangdam II/SWJ Meyjen TNI Iskandar M Sahil mengungkapkan, Kodam II Sriwijaya siap membantu Polda Sumsel dan jajaran dalam melakukan pengamanan arus mudik lebaran.

“Untuk di Polda Sumsel kita siagakan satu kompi personel TNI, sedangkan untuk ditingkat polres kita siagakan satu pelton personel TNI. Kita harap masyarakat Sumsel yang mudik lebaran tahun ini dapat berjalan lancar dan aman,” katanya.

Diungkapkannya, dari beberapa jalan utama yang dilalui pemudik. Ada beberapa lokasi yang menjadi perhatian pengamanan  pihaknya diantaranyam Lahat, Lubuklinggau dan di jalan lintas timur,

“Karena dilokasi ini dalam arus mudik akan banyak banyak dilalui pemudik. Bahkan beberapa waktu lalu, di jalan tersebut terdapat kerusakan di beberapa titik. Namun saat ini sudah mulai diperbaiki oleh dinas terkait,” pungkasnya. (ded)

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kabupaten Lahat Periode 2019-2024

Publisher : Ferdin Ferdin

Ferdin Ferdin
Pewarta Harian Suara Nusantara, www.koransn.com, Mingguan Suara Negeriku.

Lihat Juga

DPRD Sumsel Kirim SK HDMY ke Mendagri

Palembang, KoranSN DPRD Provinsi Sumsel menggelar Rapat Paripurna Istimewa XXIV DPRD Provinsi Sumsel dengan agenda ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!