Polda Sumsel Bekukan Rekening Bank Abu Tours

Tampak petugas Abu Tours memberikan penjelasan kepada para calon jamaah. (Foto-Dok/Ferdinand/Koransn)

Palembang, KoranSN

Kasubdit I Keamanan Negara Ditreskrimum Polda Sumsel, AKBP Suwandi Prihantoro, Senin (12/3/2018) mengungkapkan, dalam dugaan kasus penipuan keberangkatan calon jamaah umroh saat ini Polda Sumsel telah memblokir rekening bank Abu Tours.

Menurutnya, pemblokiran rekening bank tersebut dilakukan setelah pihaknya berkoordinasi dengan pihak bank serta pihak kejaksaan.

“Ada dua rekening Abu Tours yang telah kami blokir. Pemblokiran rekening dilakukan setelah kami koordinasi dengan bank serta pihak kejaksaan. Kalau untuk jumlah nominal uang di dua rekening bank tersebut, belum dapat kami sampaikan,” ungkapnya.

Masih Dikatakannya, jika hingga saat ini pihaknya tetap melakukan penyelidikan dugaan kasus tersebut meskipun dari hasil pemeriksaan saksi diketahui jika saat ini Kantor Abu Tours Palembang telah meberangkatkan sekitar 100 calon jamaah umroh.

“Jadi, untuk keberangkatan calon jamaah umroh itu merupakan urusan dia (Abu Tours). Kami dari kepolisian fokus kepada penyelidikan berdasarkan laporan dari masyarakat,” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, Senin sore (12/2/2018) penyidik Subdit I Keamanan Negara Polda Sumsel memasang police line di Kantor Abu Tours Cabang Palembang Jalan Inspektur Marzuki, Pakjo Palembang. Pemasangan garis polisi dilakukan menindaklanjuti laporan para calon jamaah umroh ke Polda Sumsel dengan Nomor Laporan: LPB/188/ISI/2018/SPKT. Dimana dalam laporan tersebut para korban melaporkan Direktur Utama PT Amanah Bersama Umat yang menaungi Abu Tours, H Muhammad Hamzah Mamba (53), warga Jalan Bajigau Raya No 321 Makassar Sulawesi Selatan.

Baca Juga :   Acun & Fran Sang Eksekutor Tak Hiraukan Teriakan Ampun Sofyan Driver Taksi Online

Bukan hanya itu, calon jamaah umroh Nurhaya (57), warga Jalan Karya Kelurahan Lebong Gajah Kecamatan Sematang Borang Palembang, Rabu (21/2/2018) juga telah melaporkan agen Abu Tours Palembang berinisial ‘DW’ (57), warga Jalan Musi Raya Barat Kecamatan Sako Palembang ke Polda Sumsel. Laporan korban diterima petugas kepolisian dengan nomor laporan: LPB/135/II/2018/SPKT.

Bahkan untuk mengungkap dugaan kasus ini, Selasa (27/2/2018) sekitar pukul 02.30 WIB, penyidik Subdit I Keamanan Negara Ditreskrimum Polda Sumsel telah melakukan penggeladahan di Kantor Abu Tours Cabang Palembang.

Dalam penggeledahan tersebut penyidik menyita satu bungkus plastik berisikan berkas guna kepentingan penyelidikan. Usai digeledah, Kamis pagi (1/3/2018) Kantor Abu Tours Cabang Palembang kembali dibuka dan beroprasional. Dibukanya kantor ini karena pihak Abu Tours berjanji akan memberangkatkan para calon jamah umroh.

Kasubdit I Keamanan Negara Ditreskrimum Polda Sumsel, AKBP Suwandi Prihantoro sebelumnya telah mengungkapkan, pihaknya telah melayangkan surat panggilan yang kedua kepada pimpinan Abu Tours pusat di Makassar, Muhammad Hamzah Mamba dan Kepala Cabang Abu Tour Palembang, Ridwan. Jika keduanya tidak memenuhi panggilan maka terancam dijemput paksa.

Baca Juga :   Pelaku Pencurian di Mariana Diringkus

“Kalau dalam panggilan kedua ini mereka tidak hadir maka kami akan lakukan pemanggilan ketiga disertai penjemputan paksa, dan itu sudah aturannya,” jelasnya.

Masih dikatakan Suwandi, dalam dugaan kasus ini Polda Sumsel telah menemukan unsur pidana dugaan penipuan keberangkatan calon jamaah umroh yang diduga dilakukan pihak Abu Tours. Unsur pidana tersebut ditemukan setelah penyidik melakukan pemeriksaan sejumlah saksi serta memeriksa berkas-berkas, yang talah disita dari Kantor Abu Tours Palembang.

“Jadi, kami telah menemukan unsur pidana dugaan penipuan yang diduga dilakukan Abu Tours hingga megakibatkan para calon jamaah belum diberangkatkan umroh. Unsur pindana ini kami temukan dari hasil pemeriksan saksi-saksi dan sejumlah berkas yang sebelumnya telah kami sita. Meskipun demikian, untuk tersangkanya belum ditetapkan karena penyidik harus memeriksa semua saksi dan melakukan gelar perkara dulu,” tutupnya. (ded)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

KPK Usut Dugaan Korupsi Pengadaan Mesin Giling PG Djatiroto

Lumajang, KoranSN Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengusut kasus dugaan korupsi pengadaan mesin giling di Pabrik …