Rabu , September 26 2018
Home / Lacak / Polda Sumsel Bidik PNS Pagaralam dan Pihak Swasta Jadi Tersangka

Polda Sumsel Bidik PNS Pagaralam dan Pihak Swasta Jadi Tersangka

Suasana pelimpahan tersangka TJ di Kejati Sumsel berapa waktu yang lalu. (Foto-foto/Dedy/Koransn)

Palembang, KoranSN

Kasubdit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Ditreskrimsus Polda Sumsel, AKBP Afner Juwono kemarin menegaskan, jika pihaknya saat ini sedang membidik PNS dan pihak swasta di Pagaralam untuk dijadikan tersangka dalam dugaan korupsi proyek Jalan Bandara Atung Bungsu.

Diungkapkannya, hal tersebut dilakukan lantaran penyidik saat ini masih terus melakukan pengembangan usai dilimpahkannya tersangka ‘TJ’ ke Kejati Sumsel.

“Jadi, kami masih melakukan pengembangan untuk mengungkap tersangka baru dalam dugaan kasus korupsi proyek Jalan Bandara Atung Bungsu ini. Adapun pihak yang kami bidik yakni, PNS dan pihak swasta yang berada di Pagaralam,” tegas Afner.
Masih dikatakannya, pengembangan penyelidikan yang dilakukan karena pihaknya menduga masih ada tersangka lainnya selain tersangka ‘TJ’.

“Dari itulah kami masih terus melakukan pengembangan,” ungkapnya.

Dijelaskan Afner, dalam perkara ini tersangka ‘TJ’ sebelumnya sempat melakukan pra peradilan Polda Sumsel di Pengadilan Negeri (PN) Pagaralam. Namun dalam persidangan, seluruh gugatan pra peradilan tersangka ditolak oleh hakim.

Baca Juga :   Jadi Kurir Sabu, ABG Diringkus

“Setelah pra peradilan tersangka ditolak oleh pengadilan, beberapa hari kemudian kami melimpahkan tersangka ‘TJ’ ke Kejati Sumsel. Pelimpahan tersangka tersebut dilakukan, karena sebelumnya berkas perkara sudah dinyatakan lengkap (P21) oleh jaksa Kejati Sumsel,” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, Rabu (14/2) Polda Sumsel melimpahkan tersangka ‘TJ’ dan barang bukti ke Kejati Sumsel. Usai dilimpahkan, tersangka ‘TJ’ ditahan jaksa di Rutan Klas I A Pakjo Palembang.

Kasubdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Sumsel, AKBP Afner Juwono mengatakan, pelimpahan tersangka dan barang bukti ke Jaksa Kejati Sumsel, setelah berkas perkara dugaan korupsi ini dinyatakan jaksa lengkap (P21).

“Setelah dilimpahkan, tersangka TJ dilakukan penahanan oleh jaksa di Rutan Pakjo Palembang,” tegas Afner.

Masih dikatakannya, dalam dugaan kasus ini tersangka ‘TJ’ diduga melakukan pidana korupsi saat pembangunan proyek Jalan Bandara Atung Bungsu Pagaralam. Dari hasil penyelidikan, akhirnya penyidik Tipikor Polda Sumsel mendapati barang bukti sehingga menetapkan ‘TJ’ sebagai tersangka.

Baca Juga :   Nisa Nurfaiza, Bayi Berusia 15 Hari Dibuang Orang Tuanya

“Dalam dugaan kasus ini tersangka ‘TJ’ merupakan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dalam proyek tersebut. Saat itu tersangka masih menjabat PNS di Dinas PU Pemkot Pagaralam, kalau sekarang yang bersangkutan sudah mantan PNS,” ujarnya.

Lanjut Afner, dalam perkara ini tersangka diduga melakukan mark-up proyek sehingga menimbulkan kerugian negara.

“Proyek ini dibangun menggunakan APBD tahun 2013. Dari hasil audit ada pun kerugian negara yang terjadi dalam dugaan kasus ini yakni, sekitar Rp 5,4 miliar. Sejauh ini baru satu tersangka yang ditetapkan dan dilimpahkan ke jaksa, dan kini penyidik masih melakukan pengembangan perkaranya,” pungkasnya. (ded)

Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kabupaten Lahat Periode 2019-2024

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

Pakai Pistol Mainan, Debt Collector di Mura Begal Motor

Musirawas, KoranSN ‘ST’ (39), warga Kelurahan Marga Bakti Kecamatan Lubuklinggau Utara I Kota Lubuklinggau yang ...

error: Content is protected !!