Rabu , September 26 2018
Home / Headline / Polda Sumsel Dalami Pidana Agen Abu Tours Palembang

Polda Sumsel Dalami Pidana Agen Abu Tours Palembang

Kantor Abu Tours Cabang Palembang di Jalan Inspektur Marzuki Pakjo Palembang. (foto-dok/dedy/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Kabid Humas Polda Sumsel, Kombes Pol Slamet Widodo, Kamis (22/2/2018) mengatakan, penyidik Kemanan Negara Ditreskrimum Polda Sumsel saat ini masih melakukan penyelidikan guna mendalami pidana agen Abu Tours Palembang yang telah dilaporkan calon jamaah umroh.

Menurutnya, dalam penyelidikan tersebut, penyidik memeriksa saksi-saksi guna mencari barang bukti tindak pidana yang terjadi.

“Jadi terkait dilaporkannya agen tersebut, kini penyidik masih melakukan penyelidkan dan pemeriksaan untuk mendalami pidananya,” ujarnya.

Diungkapkan Slamet, dari informasi yang dihimpun penyidik, diketahui jika di Sumsel banyak orang yang menjadi agen dari Kantor Abu Tours Cabang Palembang. Meskipun demikian, pihak kepolisian hanya melakukan penyelidikan berdasarkan laporan kepolisian yang masuk ke Polda Sumsel.

“Kalau sejauh ini baru satu agen Abu Tours Palembang yang dilaporkan ke Polda Sumsel,” ungkapnya.

Sedangkan untuk proses penyelidikan dengan terlapor pihak Abu Tours, lanjut Slamet, saat ini juga masih dalam proses penyelidikan dan pemeriksaan saksi-saksi.

“Bahkan dalam proses pemeriksaan para saksi tersebut, dalam waktu dekat penyidik akan memanggil pegawai dan pimpinan Kantor Abu Tours Cabang Palembang untuk dilakukan pemeriksaan. Hal ini dilakukan karena keterangan para pegawai dan pimpinan Abu Tours menjadi kunci mengungkap dugan kasus ini,” jelasnya.

Baca Juga :   Mahasiswa Polsri Tewas Saat Ikuti Diklatsar Pecinta Alam

Diberitakan sebelumnya, Nurhaya (57), warga Jalan Karya Kelurahan Lebong Gajah Kecamatan Sematang Borang Palembang, telah melaporkan agen Abu Tours Palembang berinisial ‘DW’ (57) warga Jalan Musi Raya Barat Kecamatan Sako Palembang ke Polda Sumsel.

Laporan korban diterima petugas dengan nomor laporan: LPB/135/II/2018/SPKT.

Kasubdit I Keamanan Negara Ditreskrimum Polda Sumsel, AKBP Suwandi Prihantoro mengatakan, laporan korban telah diterima dan akan ditindaklanjuti pihaknya dengan penyelidikan. Apabila nantinya penyidik mendapati bukti yang cukup maka terlapor dapat dijerat dengan Pasal 378 KUHP dan atau Pasal 372 KUHP tentang tindak pidana penipuan dan penggelapan.

“Tentunya laporan korban yang melaporkan pihak agen dari Abu Tours Cabang Palembang tersebut akan kami proses dengan penyelidikan, penanganannya sama seperti proses penyelidikan laporan calon jamah umroh yang melaporkan Abu Tours. Jadi, laporan korban pasti kami tindak lanjuti,” katanya.

Sedangkan korban Nurhaya mengatakan, dirinya melaporkan agen Abu Tours Palembang berinisial ‘DW’, karena terlapor memberikan janji kepadanya dan empat keluarganya berangkat umroh melalui Kantor Abu Tours Cabang Palembang.

Baca Juga :   Kedapatan Miliki Narkoba, IRT di Lubuklinggau Ditangkap

“Saya percaya dengan dia, karena ‘DW’ ini tetangga adik saya. Makanya saat berniat hendak umroh, kami menyerahkan uang keberangkatan kepada terlapor. Adapun total uang yang diserahkan kepada ‘DW’ yakni; Rp Rp 93.500.000 dan uang tersebut diserahkan pada tanggal 18 Mei 2017.

Usai menyerahkan uang tersebut, ‘DW’ mengatakan jika kami berlima yakni; saya, dua adik saya dan dua saudara ipar saya akan berangkat melalui Kantor Abu Tours Palembang pada 10 Januari 2018. Namun, saat jadwal keberangkatan tiba, terlapor selalu memundur-mundurkan waktu berangkat umroh, hingga sampai sekarang kami tidak juga diberangkatkan,” jelasnya.

Untuk diketahui, Senin sore (12/2/2018) penyidik Subdit I Keamanan Negara Polda Sumsel memasang police line di Kantor Abu Tours Cabang Palembang Jalan Inspektur Marzuki, Pakjo Palembang.

Pemasangan garis polisi dilakukan guna kepentingan penyelidikan terkait laporan sejumlah calon jamaah umroh ke SPKT Polda Sumsel yang diterima petugas dengan Nomor Laporan: LPB/188/ISI/2018/SPKT.

Adapun terlapornya yakni, Direktur Utama PT Amanah Bersama Umat yang menaungi Abu Tours, H Muhammad Hamzah Mamba (53), warga Jalan Bajigau Raya No 321 Makassar Sulawesi Selatan. (ded)

Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kabupaten Lahat Periode 2019-2024

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

Pakai Pistol Mainan, Debt Collector di Mura Begal Motor

Musirawas, KoranSN ‘ST’ (39), warga Kelurahan Marga Bakti Kecamatan Lubuklinggau Utara I Kota Lubuklinggau yang ...

error: Content is protected !!