Home / Gema Sriwijaya / Banyuasin / Polres dan Manggala Agni Sosialisasi Karhutla

Polres dan Manggala Agni Sosialisasi Karhutla

Sukseskan Asian Games di Jakarta dan Palembang Tahun 2018
Suasana sosialisasi perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. (foto-siryanto/koransn.com)

Banyuasin, KoranSN

Subag Hukum Bag Sumda Polres Banyuasin bersama Manggala Agni wilayah Kabupaten Banyuasin memberikan sosialisasi UU No 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dari Karhutla, bertempat di Auditorium Pemkab Banyuasin, Kamis (26/7/2018) pagi.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kabag Sumda Polres Banyuasin Kompol Hadi Suseno SH didampingi Kabagren, Kasat Binmas, Tim Manggala Agni danTim BNPB Daerah Kabupaten Banyuasin serta diikuti oleh personil Bhabinkamatibmas Polres dan Polsek di lingkungan Polres Banyuasin.

Kabag Sumda Kompol Hadi Suseno saat membuka acara tersebut mengatakan, perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup (PPLH) menurut UU No 32 tahun 2009 pasal 1 ayat (2) adalah upaya sistematis dan terpadu yang dilakukan untuk melestarikan fungsi lingkungan hidup dan mencegah terjadinya pencemaran.

“Dalam UU ini tercantum jelas mengenai larangan dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup yang meliputi larangan melakukan pencemaran, memasukkan benda berbahaya dan beracun (B3), memasukkan limbah ke media lingkungan hidup, melakukan pembukaan lahan dengan cara membakar, dan lain sebagainya,” katanya.

Larangan-larangan tersebut ujar dia, diikuti dengan sanksi yang tegas dan jelas tercantum pada bab XV tentang ketentuan pidana pasal 97-123. Salah satunya adalah dalam pasal 103 yang berbunyi setiap orang yang menghasilkan limbah B3 dan tidak melakukan pengelolaan.

“Sebagaimana dimaksud dalam Pasal 59, dipidana dengan pidana penjara paling singkat 1 tahun dan paling lama 3 tahun dan denda paling sedikit seratus miliar rupiah dan paling banyak tiga ratus miliar rupiah,” jelas dia. (sir)

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kabupaten Lahat Periode 2019-2024

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

Bupati Minta Muratara Kondusif Pada Tahun Politik 2019

Muratara, KoranSN Bupati Musi Rawas Utara (Muratara), HM. Syarif Hidayat meminta masyarakat agar menjaga Kamtibmas ...

error: Content is protected !!