Home / Kota Musi / Polresta Palembang Resmi Jadi Polrestabes, Kapolda Harapkan Keamanan Masyarakat Terjamin

Polresta Palembang Resmi Jadi Polrestabes, Kapolda Harapkan Keamanan Masyarakat Terjamin

Kapolda Sumsel, Irjen Pol Firli didampingi Kapolrestabes Palembang, Kombes Pol Didi Hayamansyah melakukan pemukulan drum tanda diresmikannya Polrestabes Palembang. (Foto-Humas Polda Sumsel)

Palembang, KoranSN

Polresta Palembang kini resmi menjadi Polrestabes (Kepolisian Resor Kota Besar) Palembang usai diresmikan oleh
Kapolda Sumsel, Irjen Pol Firli, Jumat (8/11/2019).

Peresmian Polrestabes Palembang berdasarkan surat keputusan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia dengan Nomor: Kep/1887/X/2019, atas perubahan tipe Kepolisian Resor Kota Palembang menjadi Kepolisian Resor Kota Besar Palembang.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Kapolda Sumsel, dilanjutkan dengan pembukaan tirai diiringi pemukulan drum oleh Kapolda Sumsel.

Selain itu, juga dilakukan penyerahan berkas dan personil dari Kapolda Sumsel kepada Kapolrestabes Palembang, Kombes Pol Didi Hayamansyah.

Baca Juga :   Asian Development Bank Bantu Pembenahan Kawasan Kumuh

Bukan hanya itu, dalam peresmian tersebut juga dilakukan penyerahan material logistik dari Kapolda Sumsel kepada Kapolrestabes Palembang berupa; 17 unit sepeda motor Bhabinkamtibmas, 1 unit mobil Raisa, Check Baggage X-ray dan 2 unit Kapal Bhabinkamtibmas.

Kapolda Sumsel, Irjen Pol Firli usai acara peresmian di Polrestabes Palembang mengatakan, Kota Palembang saat ini telah menjadi pusat pemerintahan, perdanganan dan sejumlah aktivitas internasional. Maka dengan itu tipe Polresta Palembang statusnya ditingkatkan menjadi Polrestabes Palembang.

“Dengan diresmikannya Polrestabes Palembang ini maka diharapkan jajaran Polrestabes dapat menjamin keamanan masyarakat serta dapat meningkatkan pelayanan, pengayoman serta perlindungan terhadap masyarakat,” ungkap Kapolda.

Masih dikatakan Kapolda, sedangkan untuk jabatan kepangkatan Kapolrestabes masih tetap Kombes Pol, hanya saja esselon-nya yang berbeda.

Baca Juga :   Aksi May Day di Palembang, Ribuan Buruh Serbu Monumen Perjuangan Rakyat (FOTO)

“Adapun esselon jabatan Kapolrestabes Palembang, yakni Esselon 2 b1 berpangkat Kombes Pol. Artinya, alumni Kapolrestabes bisa langsung menjadi Jenderal (Brigjen Pol),” ungkapnya.

Lebih jauh dikatakan Kapolda, kedepan juga akan ada Polres dijajaran Polda Sumsel yang akan dinaikan status tipenya.

“Misalnya seperti Polres Lubuklinggau dan Polres Pagaralam. Namun untuk menaikan tipe status Polres tersebut menjadi Polresta, saat ini masih dilakukan penelitian,” ujarnya.

Dilanjutkan Kapolda, selain itu di Sumsel saat ini juga sudah ada dua Polres yang baru dibentuk dan dalam waktu dekat akan dilakukan peresmiannya.

“Adapun dua Polres baru tersebut, yakni Polres PALI dan Polres Musirawas Utara (Muratara). Untuk Polres PALI, Insya Allah diresmikan pada 12 November, sedangkan untuk Polres Muratara akan diresmikan pada 14 atau 15 November 2019 mendatang,” tutup Kapolda. (ded)

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

Prajurit Yon Zipur 2/SG Sumbang 8 Medali di Porprov Sumsel ke-XII 2019

Palembang, KoranSN Para Prajurit Yon Zipur 2/SG Kodam II/Sriwijaya, berhasil menyumbangkan medali 2 emas, 1 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.