Pos Kamling Paling Efektif Tekan Angka Kriminalitas



Personil TNI dan Polri pada kegiatan TMMD saat memberikan Penyuluhan di Kelurahan Karya Makmur, Kecamatan Nibung, Kabupaten Muratara. (foto-sunardi/koransn.com)

Muratara, KoranSN

Untuk menekan angka kriminalitas di lingkungan masing-masing, Pos Keamanan Lingkungan (Pos Kamling) paling efektif digunakan masyarakat.

Hal ini dikatakan Kapolres Musi Rawas, AKBP Bayu Dewantoro melalui Kanit Sabara Polsek Nibung, Bripka Aris Hargo Prasetia bersama dengan Bati Puanter Kodim 0406/Mura didampingi para Bhabinkamtibmas dan Babinsa Nibung saat memberikan materi tentang Kamtibmas dalam acara giat Penyuluhan Kamtibmas yang berlangsung di Posko TMMD Kodim 0406/Mura Kelurahan Karya Makmur Kecamatan Nibung, Kabupaten Musirawas Utara, kemarin.

Dia mengatakan, saat ini sistem keamanan lingkungan (Siskamling) yang masih dipakai serta paling efisien adalah Pos Ronda atau Pos Kamling.

Baca Juga :   Kemenag Banyuasin Larang ASN Terlibat Politik Praktis

“Pos Ronda atau Pos Kamling merupakan sistem keamanan lingkungan dimana masyarakat dapat berperan langsung dalam menciptakan keamanan dan ketertiban lingkungan guna menekan dan mengatasi kriminalitas di sebuah lingkungan,” katanya.

Menurutnya, setiap anggota masyarakat yang menempati lingkungan dimana ia tinggal, mereka wajib menjaga keamanan dan ketertiban lingkungannya.

“Ketertiban dan keamanan merupakan tanggung jawab kita bersama sebagai warga negara, maka dari itu kita harus meningkatkan kesadaran akan kepedulian keamanan dan ketertiban lingkungan kita,” ujarnya.

Selain meningkatkan kesadaran lanjut Bripka Aris Hargo Prasetia, kita juga bisa melakukan tindakan langsung seperti mengikuti sistem keamanan lingkungan yaitu Pos Ronda atau Siskamling.

Diungkapkannya, kegiatan ini disambut baik oleh warga, selain dapat menambah wawasan juga sebagai bentuk silaturahmi antara Polisi, TNI dengan masyarakat. Diharapkan kedepan kegiatan seperti ini dapat ditingkatkan sehingga terjadi koordinasi yang baik antara Lurah, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Masyarakat dalam bidang Kamtibmas.

Baca Juga :   Bupati Muba Instruksikan Percepat Pencairan Gaji ke-13

Penyuluhan Kamtibmas adalah satu sasaran non fisik pelaksanaan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) Regular Ke-104 Komando Distrik Militer (Kodim) 0406/MLM.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam menjaga Keamanan dan ketertiban di lingkungan masing masing. (snd)

 

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Permainan Edukatif Latih Kemampuan Berpikir Anak

Lahat, KoranSN TP PKK Lahat bersama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lahat, mengelar keterampilan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.