Positif Covid-19 di Sumsel Terus Bertambah, Palembang 6 Lubuklinggau 8

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Provinsi Sumsel Yusri. (foto-humas pemprov)

Palembang, KoranSN

Jubir Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumsel, Yusri, Kamis (7/5/2020) mengatakan, di Sumsel kini terjadi penambahan 17 kasus pasien positif Covid-19 yang diantaranya; enam warga Palembang, delapan warga Lubuklinggau, satu warga Muara Enim, satu warga OKU, dan satu warga Muratara.

Menurut Yusri, dengan adanya penambahan tersebut maka jumlah kasus positif Covid-19 di Sumsel yang tadinya 210 kasus kini jumlahnya mencapai 227 kasus.

“Dinyatakannya 17 pasien positif Covid-19 pertanggal 7 Mei 2020 ini, merupakan hasil pemeriksaan swab berdasarkan tracking yang kita lakukan karena pasien-pasien tersebut sempat kontak dengan pasien yang telah lebih dulu dinyatakan positif Covid-19. Selain itu, juga ada pasien yang masih kami selidiki terpapar karena kasus kasus lokal atau kasus impor,” katanya.

Dijelaskan Yusri, adapun data 17 pasien yang dinayatakan positif Covid-19 tersebut terdiri dari; kasus 211 perempuan (28) warga Palembang terpapar kasus lokal, kasus 212 laki-laki (43) warga Palembang kasus lokal, kasus 213 perempuan (27) warga Lubuklinggau kasus lokal, kasus 214 laki-Laki (28) warga Lubuklinggau masih dalam penyelidikan terpapar kasus lokal atau impor.

Kemudian, kasus 215 perempuan (19) warga Lubuklinggau masih dalam penyelidikan terpapar kasus lokal atau impor, kasus 216 perempuan (45) warga Lubuklinggau terpapar kasus lokal, kasus 217 perempuan (20) warga Lubuklinggau terpapar kasus lokal, kasus 218 perempuan (23) warga Lubuklinggau kasus lokal lokal dan kasus 219 laki-laki (6) warga Lubuklinggau kasus lokal.

Baca Juga :   Penyelundupan 334,97 Ton Minyak Ilegal Digagalkan Polda Sumsel

“Selanjutnya, kasus 220 laki-Laki (13) warga Lubuklinggau kasus lokal, kasus 221 perempuan (56) warga Muara Enim kasus lokal, kasus 222 perempuan (53) warga Palembang kasus lokal, kasus 223 laki-laki (31) warga OKU kasus lokal, kasus 224 laki-Laki (61) warga Palembang kasus lokal, kasus 225 laki-Laki (10) warga Muratara masih dalam penyelidikan terpapar kasus lokal atau impor, kasus 226 laki-Laki (10) warga Palembang kasus lokal dan kasus 227 perempuan (67) warga Palembang kasus lokal,” papar Yusri.

Masih dikatakannya, dengan terus bertambahnya jumlah kasus positif Covid-19 di Sumsel maka pihaknya menghimbau masyarakat untuk tetap mengikuti peraturan pemerintah tentang pencegahan penularan virus corona dengan disiplin.

“Masyarakat dihimbauan selalu menggunakan masker, jaga jarak dan hindari kerumunan, serta keluar rumah hanya kalau ada kepentingan mendesak saja,” ujarnya.

Dilanjutkannya, kemudian untuk para pedagang dan pembeli di pasar selalu diingatkannya untuk menggunakan masker dan menjaga jarak disaat mengantri berbelanja di pasar-pasar, serta sering mencucui tangan dengan sabun di air mengalir.

Baca Juga :   OASE KK Jadikan Wilayah Kodam II/Swj Pilot Project Sosialisasi Narkoba, Pornografi dan Kekerasan

“Kemudian warga dihimbau gunakanlah masker dengan cara yang benar. Sebab, kami bayak menemukan masyarakat yang menggunakan masker hanya mulutnya saja ditutup, sedangkan hidungnya tidak ditutup masker. Sekali lagi, kami sampaikan jika virus corona ini masuk ke dalam tubuh hanya melalui hidung dan mulut. Oleh karena itu gunakanlah masker dengan benar,” terangnya.

Lebih jauh dikatakannya, masyarakat di Sumsel juga dihimbau untuk membersihkan diri dengan mandi dan merendam pakaian menggunakan ditergen disaat tiba di rumah.

“Jadi selain selalu menggunakan masker, warga yang usai dari luar rumah juga harus membersihkan diri. Semua ini dilakukan untuk mencegah penularan, terutama jika di rumah kita terdapat anak-anak dan orang tua lanjut usia (Lansia). Sebab kalau anak-anak sangat mudah tertular virus corona dikarenakan daya tahan tubuhnya belum kuat. Sedangkan untuk orangtua rentan terpapar vuris ini, karena daya tahan tubuh mereka sudah menurun.

Dari itulah agar virus corona tidak dibawa ke rumah, maka warga harus mengikuti himbauan dan peraturan dari pemerintah,” tutup Yusri. (ded)

Iklan Polres Lahat

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Korban Corona di Palembang Terus Bertambah, 2 Warga Kembali Meninggal Dunia

Palembang, KoranSN Jumlah korban Covid-19 atau virus corona yang meninggal dunia di Kota Palembang terus …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.