Home / Gema Sriwijaya / Prajurit Jadi Guru Ngaji, Bukti Kedekatan TNI & Rakyat

Prajurit Jadi Guru Ngaji, Bukti Kedekatan TNI & Rakyat


Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan
Seorang prajurit TNI menyimak remaja putri yang belajar membaca Alquran . (foto-maniso/koransn.com)

Kayuagung, KoranSN

Bukan hanya menjaga teritorial dan keutuhan NKRI dari ancaman penjajah, TNI juga turut mengabdikan jiwa dan raganya dalam menjaga calon generasi muda dari ancaman kerusakan mental dan spiritual.

Demikian yang dilakukan sejumlah prajurit TNI AD dari jajaran Kodim 0402/OKI-OI dan Koramil 402-13/Sungai Menang yang dilibatkan dalam Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-101 di Desa Sungai Ceper Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

Prajurit-prajurit ini menjadi guru ngaji untuk membantu pemerintah dalam program pengetasan buta aksara Alquran bagi warga dan anak remaja yang bermukim di desa terisolir dan terpelosok di kabupaten terluas di Pulau Sumatera ini.

Baca Juga :   Napi Perampokan Bank CIMB Niaga Medan Dipindahkan ke LP Sekayu

Setiap sore tepatnya usai sholat Ashar selama sebulan program TMMD, prajurit itu membuktikan kedekatannya dengan rakyat. Mereka berkumpul dengan rakyat yang didominasi warga usia anak sekolah di Mushola Nurul Iman untuk mengajarkan baca Alquran.

“TMMD ini sebentar, hanya sebulan. Jadi harus maksimal memanfaatkannya untuk meningkatkan sendi kehidupan warga Desa Sungai Ceper,”kata Dandim 0402/OKI-OI Letkol Inf didampingi Pasi Teritorial Kapten Arh Marsito dan Danramil 402-13/Sungai Menang Kapten Chb Jauhari, Senin (9/4/2018) sore.

Kata Dandim, belajar membaca dan menulis Alquran bagi anak-anak dan remaja mampu menjadi benteng yang kokoh bagi mental generasi muda dalam menjadi kehidupan dan pengaruh negatif kemajuan teknologi dan informasi di dunia nyata dan maya.

Baca Juga :   Lapas Kayuagung Over Kapasitas

“Mereka bisa lepas dari buta aksara Alquran. Membaca Alquran juga akan meningkatkan Imtaq mulai usia dini sehingga Alquran menjadi adab yang dibawa dalam pergaulan sehari-hari,”tambah Letkol Inf Seprianizar yang lulus Akmil tahun 1999 ini.

Serda Junaidi, salah satu guru ngaji di TMMD menambahkan, sebagai muslim yang beriman dan seagama, kita wajib saling memberitahu dan mengajari ilmu khususnya membaca Alquran walaupun hanya satu ayat. “Semoga ini akan menjadi amal ibadah kita di hadapan Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa,”ujarnya. (iso)

Hotel Grand Inna Palembang

Wujudkan Milenial Cinta Tertib Lalu Lintas Berkeselamatan Menuju Indonesia Gemilang

Publisher : Awid Durrohman

Avatar

Lihat Juga

Bupati Banyuasin H Askolani Anggarkan Rp 96 Miliar Untuk Perbaiki Jalan Trans Pulau Rimau

Banyuasin, KoranSN Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin di 2019 ini menyiapkan anggaran Rp 96 miliar untuk …