Rabu , September 26 2018
Home / Ekonomi / PT Semen Baturaja Terbitkan MTN Rp 400 Miliar

PT Semen Baturaja Terbitkan MTN Rp 400 Miliar

PT Semen Baturaja foto bersama usai melakukan penandatangan perjanjian penerbitan MTN. (foto-ist)

PT SEMEN Baturaja (Persero) Tbk (SMBR) menerbitkan Medium Term Notes (MTN) senilai Rp 400 miliar dengan jangka waktu selama tiga tahun dan bunga 9 persen flat per tahun. Perseroan bekerja sama dengan BNI Sekuritas selaku Lead Arranger untuk penerbitan MTN.

Direktur Utama SMBR, Rahmad Pribadi, Rabu (21/2/2018) mengemukakan, bahwa MTN merupakan instrumen keuangan yang cocok untuk Perseroan karena menawarkan tingkat bunga yang kompetitif.

Saat ini, momentumnya menurut Rahmad juga sangat tepat. “Karena bursa domestik dan global sedang berada dalam kondisi yang baik,” katanya.

Baca Juga :   Paket Gala Dinner Diskon 25 %

Sebelumnya, pada tahun 2016, Perseroan menerima fasilitas kredit investasi sebesar Rp1,3 triliun dengan bunga 9,45 persen per tahun. Hingga akhir 2017, kredit investasi yang sudah digunakan untuk pembangunan Pabrik Baturaja II telah mencapai Rp 925 miliar.

PT Semen Baturaja melakukan penandatangan perjanjian penerbitan MTN.

Karena itu dikatakannya, untuk melakukan penghematan biaya bunga, Perseroan mengganti sisa pinjaman sebesar Rp400 miliar melalui MTN dengan bunga yang lebih rendah sehingga memberikan penghematan mencapai Rp79,5 miliar dibanding kredit investasi sebelumnya.

Dalam rangka penerbitan MTN ini, Perseroan mendapat peringkat idA dari PEFINDO dengan outlook stabil, “Ini membuktikan bahwa SMBR memiliki prospek usaha yang bagus dan mendapatkan kepercayaan investor untuk menerbitkan MTN” kata Rahmad.

Baca Juga :   60 Menit The 1O1 Hotel Mati Lampu

Dikatakannya, dana MTN rencananya akan digunakan Perseroan untuk membayar utang retensi Pabrik Baturaja II sebesar Rp.233,7 miliar. Selain itu juga akan digunakan sebagai salah satu alternatif pendanaan capex pada tahun 2018 ini seperti pembangunan cement mill & packing plant di Jambi. (ima)

Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kabupaten Lahat Periode 2019-2024

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

Aset Prudential Capai Rp 81 Triliun

Palembang, KoranSN Hingga akhir tahun lalu, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) perseroan mencatatkan total ...

error: Content is protected !!