Puasa Momentuk Tepat Terapkan Gaya Hidup Sehat

Praktisi makanan sehat sekaligus Co-Founder Restoran Sehat Burgreens, Max Mandias. (foto-antaranews)

Selain memperbanyak ibadah dan amal baik, warga muslim bisa memanfaatkan masa menjalankan ibadah puasa Ramadhan untuk menata pola makan dan menerapkan gaya hidup sehat demi kebaikan tubuh.

“Puasa bisa menjadi waktu untuk belajar mengontrol pola makan untuk menjaga lambung dan lebih selektif memilih makanan yang tepat, dan pastinya sehat juga,” kata praktisi makanan sehat Max Mandias di Jakarta, Senin (13/5/2019).

Lulusan Plant-Based Nutrition Program Cornell University itu menuturkan bahwa perubahan menuju gaya hidup sehat bisa dimulai dengan mengganti komposisi makanan yang disantap saat berbuka maupun sahur.

Mereka yang sebelumnya lebih banyak mengonsumsi makanan berlemak dan berminyak, menurut dia, sebaiknya mulai beralih ke pangan nabati seperti sayur dan buah.

“Kalau kita mau puasa yang sehat jangan makan yang gitu (berlemak dan berminyak). Tapi kalau enggak ada pilihan bolehlah ambil satu, dengan catatan minum air putih dua gelas dan (makan) buah-buahan,” kata Max.

Baca Juga :   Infinix S4 Resmi Meluncur di Indonesia

Ia menyarankan diet dengan komposisi 50 persen sayur dan buah; 30 persen karbohidrat kompleks dari bahan makanan seperti kacang polong, gandum, jagung atau nasi; dan sisanya lauk pauk.

“Sebenarnya protein hewani sudah enggak harus lagi. Itu bisa disubstitusi (diganti) sama protein nabati, kayak tempe, tahu, kacang-kacangan, itu bisa banget,” kata pemilik restoran sehat Burgreens itu.

Max juga menyarankan konsumsi minuman manis seperti jus atau kue berbahan dasar buah maupun sayur ditambah dua gelas air mineral saat berbuka puasa.

“Kedua pastikan sahur jangan di-skip (ditinggalkan), meski makan buah kurma itu enggak apa-apa asal jangan perut kosong terlalu lama, dan jangan berbuka terlalu malam,” kata Max.

“Pastikan jangan sampai kenyang, itu memicu asam lambung jadi sekitar 80 persen lah,” ia menambahkan.

Baca Juga :   Facebook Cafe Gelar Kampanye Keamanan Privasi Pengguna

Max juga mematahkan anggapan bahwa makanan sehat tidak selalu membosankan dan tidak enak dengan sajian di restorannya.

“Makanan sehat itu kan pasti ada stigma, boring, sedikit, enggak enak, enggak ada rasa. Kalau di sini kita mencoba mematahkan hal itu,” kata dia.

Bersama istrinya, Max menjalankan restorannya bukan semata untuk meraup untung, namun juga sebagai ajang mengampanyekan konsumsi makanan kaya protein nabati dengan rasa yang enak.

“Jadi kita sendiri ada program Burgreens to School dan Burgreens to Office. Kita dipanggil buat mempromosikan gaya hidup yang berbasis nabati dan kita nyelipin gaya hidup yang ramah lingkungan,” kata dia. (Antara/ags)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

GM kembangkan Baterai “wireless” Untuk Mobil Listrik

Jakarta, KoranSN General Motors tengah mengembangkan baterai yang sepenuhnya wireless (nirkabel) untuk mobil listrik (EV), …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.