Home / Banyuasin Bangkit / Puluhan Hektar Lahan Tidur Eks Transmigrasi Desa Sako Makmur Terbakar

Puluhan Hektar Lahan Tidur Eks Transmigrasi Desa Sako Makmur Terbakar

Tampak puluhan hektar lahan tidur yang terbakar.(foto-siryanto/koransn)

Banyuasin, KoranSN

Puluhan hektar lahan tidur yang ditumbuhi semak belukar di Desa Sako Makmur Kecamatan Sembawa, Selasa (10/9/2019) terbakar. Diduga kebakaran disebabkan ulah manusia yang tidak bertanggung jawab.

Kades Sako Makmur Abdul Aziz saat dikonfirmasi membenarkan ada lebih 10 hektar lahan tidur di desanya yang terbakar.

“Pemilik lahan tidur tersebut saat terjadi kebakaran sedang di Palembang, kalau dilihat dari sumber api kelihatannya dari pinggir jalan bukan dari lahan,” kata Kades.

Baca Juga :   Donor Darah Warnai Peringatan HBA ke-59 di Kejari Pangkalan Balai

Dikatakan Abdul Aziz, kebakaran terjadi sudah dua hari terakhir. Tepatnya hari Senin (9/9) api berhasil dipadamkan oleh tim Karhutla.

“Hari ini (Kemarin,Red) sekitar pukul 10 00 WIBb api kembali hidup, mungkin api ini sudah padam di luar akan tetapi karena ada kayu kering menyulut kebakaran lagi,” ujar Aziz.

Dikatakan Aziz, alat yang digunakan adalah pompa air dan dialirkaan melalui selang. Tim penanggulanagan Karhutlah sedikit kesulitan karena luasnya areal yang terbakar.

“Seandainya dalam satu dua hari ini kebakaran lahan tidak bisa ditanggulangi, maka harus dikerahkan water boombing,” katanya.

Baca Juga :   Enam Ekor Hewan Berkaki Empat Terjaring Razia

Pantauan di lokasi, tampak asap putih membumbung ke langit dan petugas kesulitan menanggulangi kebakaran karena areal terbakar tidak satu titik melainkan menyebar melebar. (sir)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Dinkes Banyuasin Canangkan Program Cegah Stunting

Banyuasin, KoranSN Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Kabupaten Banyuasin dalam hal ini Dinas Kesehatan Banyuasin untuk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.