Home / Gema Sriwijaya / Puluhan Tahun Terisolir, Dodi Reza Bangun Dua Jembatan di Desa Muara Medak

Puluhan Tahun Terisolir, Dodi Reza Bangun Dua Jembatan di Desa Muara Medak

Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin didampingi Wakil Bupati Beni Hernedi saat melakukan peninjauan. (foto-humas pemkab muba)

Sekayu, KoranSN

Pembangunan merata hingga ke kawasan pelosok dan perbatasan merupakan komitmen Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin untuk mewujudkan Muba Maju Berjaya di tahun 2022. Tercatat hingga saat ini sudah ada puluhan proyek pembangunan infrastruktur yang sudah dilakukan mantan anggota DPR RI dua periode ini.

Kali ini, Senin (29/7/2019) kandidat Doktor Universitas Padjajaran ini melakukan ground breaking pembangunan dua unit jembatan pada ruas jalan Desa Mendis Menuju Desa Muara Medak Kecamatan Bayung Lencir. Pembangunan dua unit jembatan tersebut ditarget tuntas dalam waktu lima bulan.

Untuk membuka daerah yang puluhan tahun terisolir ini, Dodi Reza mengucurkan dana sebesar Rp 58 miliar lebih. Tujuannya untuk mewujudkan impian warga Muara Medak dan Mendis.

“Selama ini untuk rapat desa saja perangkat desa membutuhkan waktu tujuh jam ke kantor Kecamatan. Anak-anak pergi ke sekolah harus melewati sungai dengan menaiki sampan atau perahu. Jadi, dengan adanya jembatan ini akses warga tidak lagi sulit,” ungkap Bupati Muba, Dodi Reza.

Lanjutnya, dua unit jembatan tersebut yakni Jembatan Medak I dengan spesifikasi rangka baja sepanjang 120 meter melintasi dusun 2 hingga dusun 8.

“Kemudian, Jembatan Medak II berupa jembatan komposit dengan panjang 70 meter,” jelasnya.

Dodi memastikan, dibangunnya dua unit jembatan ini akan membuat perekonomian Desa Muara Medak meningkat dan akses warga lebih mudah.

“Dengan total anggaran yang dikucurkan, pembangunan dua unit jembatan ini porsinya sangat besar dan memberikan dampak positif,” tegasnya.

Baca Juga :   Terima Kasih Pak Bupati Telah Mengabulkan Mimpi Kami!

Sementara itu, Plt Kepala Dinas PUPR Muba, Herman Mayori menuturkan, mega proyek infrastruktur dua jembatan tersebut dikerjakan oleh kontraktor PT Citra Prasasti Konsorindo dan Konsultan PT Bennatin Surya Cipta.

“Anggaran yang digunakan memakai APBD Muba melalui pembiayaan alternatif PT SMI dengan pagu Rp 60 miliar lebih, dan dengan anggaran yang digunakan sebesar Rp 58 miliar lebih. Kita targetkan lima bulan pembangunan jembatan ini selesai,” ungkapnya.

Terpisah Kepala Desa Muara Medak, Marudut H Panjaitan menyebutkan, pembangunan infrastruktur dua unit jembatan yang dilakukan Bupati Muba Dodi Reza menjawab impian yang diinginkan oleh warga selama ini.

“Kalau selama ini anak-anak yang ingin pergi sekolah ke SD Negeri 1 Muara Medak harus naik perahu. Nah, dengan adanya jembatan ini sangat mempermudah akses anak-anak ke sekolah dan aktifitas warga,” tuturnya.

Diketahui, berdasarkan data Dinas PUPR Muba tercatat selama 26 bulan Bupati Muba Dodi Reza menjabat, sudah ada 32 pembangunan jembatan yang terealisir.

Diantaranya, pembangunan satu unit jembatan di Desa Danau Cala, pembangunan satu unit Jembatan Komposit di Ringin Agung (P9) Kecamatan Lalan, pembangunan satu unit Jembatan Komposit di Purwa Agung (P2) Lalan, Pembangunan satu unit jembatan beton di Desa Talang Piase Lawang Wetan.

Kemudian, penggantian tiga unit jembatan besi nenjadi dua unit jembatan beton dan satu unit box culvert pada ruas Suka Makmur (Sp.4) – Bangun Harja (Sp.6) Kecamatan Plakat Tinggi, pembangunan satu jembatan beton pada ruas Jalan Desa Sri Mulyo (D1) – Desa Sinar Harapan (D2) Tungkal Jaya.

Selain itu, pembangunan satu jembatan di Desa Supat Timur Babat Supat, pembangunan satu Jembatan Komposit di Desa Madya Mulya Lalan, pembangunan satu Jembatan Komposit di Desa Jaya Agung Lalan, pembangunan satu jembatan beton di Desa Kertajaya Sungai Keruh, pembangunan satu jembatan beton di Desa Loka Jaya Keluang.

Baca Juga :   Tiga Gapoktan Dapat Rp 448 Juta

Lalu pembangunan satu jembatan di Desa Bero Jaya Timur (B2) Tungal Jaya, pembangunan satu jembatan di Desa Beji Mulyo (B1) Tungkal Jaya, pembangunan satu Jembatan Komposit Desa Galih Sari Ke P.11 dan P.12, satu unit jembatan penghubung Desa Sri Mulyo menuju Desa Banjar Jaya Tungkal Jaya, pembangunan satu jembatan besi penghubung dari Belido 1, 2 menuju Belido 3 Tungkal Jaya, pembangunan jembatan penghubung antara Dusun 2, 3, 4 Hijrah Mukti Bayung Lencir, pembangunan jembatan besi pada Desa Karang Agung Lalan.

Kemudian, di tahun 2019 Pembangunan satu jembatan beton di jalan poros B1 – B2 Desa Beji Mulyo Tungkal, Pembangunan jembatan di Desa Nusa Serasan Sungai Lilin, pembangunan jembatan beton Sungai Kertapati di Desa Toman Babat Toman, pembangunan jembatan di Desa Karang Anyar Lawang Wetan, pembangunan jembatan Teluk Kijing/ Petaling menuju Desa Rantau Kroya Lais, pembangunan jembatan penghubung antar desa di Selincah Desa Tanjng Agung Timur Lais.

Selanjutnya, pembangunan jembatan beton di Desa Kertajaya, pembangunan jembatan besi di Desa Karang Agung, pembangunan satu unit jembatan beton penghubung Desa Sidorejo (A6) menuju Desa Cipta Praja (A7) Keluang, pembangunan Jembatan Komposit penghubung antar Desa Karang Makmur-Karang Lalan, pembangunan Jembatan Komposit Dusun II RT 08 menuju Dusu III RT 10 Desa Trimulya Agung Lalan, pembangunan Jembatan Komposit penghubung antar Desa Mulia Jaya-Mekar Jaya (P3) Lalan, dan pembangunan jembatan dalam Desa Mulia Jaya Kecamatan Lalan. (tri/adv)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Feby Deru Salut Dengan Semangat Gerakan PKK Prabumulih

Prabumulih, KoranSN Putaran ke-3 kali ini, Ketua TP PKK Sumsel Febrita Lustia Herman Deru bersama …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.