Penyerahan Dokumen Syarat Minimal Dukungan Pasangan Calon Perseorangan Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Tahun 2020
Home / Ekonomi / Pusri Jamin Ketersediaan Stok Pupuk Bersubsidi

Pusri Jamin Ketersediaan Stok Pupuk Bersubsidi

Manager Humas PT Pupuk Sriwidjaja, Hernawan L Sjamsuddin (kanan) saat media gahtering di Harper Hotel Palembang. (foto-ferdinand/koransn)

Palembang, KoranSN

PT Pupuk Sriwidjaja menjamin ketersediaan stok pupuk bersubsidi. Apalagi di momen masa tanam yang saat ini sudah mulai masuk, ketersediaan pupuk bersubsidi untuk petani di Sumatra Selatan pun diyakini dapat terpenuhi. Hal tersebut dikatakan Manager Rencana Dan Pengendalian Pemasaran, Anton Sujatmoko,kemarin.

Dikatakannya, Pusri bertanggung jawab untuk menyalurkan pupuk Urea Bersubsidi di Provinsi Sumsel, Bengkulu. Lampung, Bangka Belitung, Jawa Tengah, Yogyakarta dan Kalimantan Barat. Hal tersebut tidak lepas dari komitmen Pusri yang menjamin ketersediaan stok pupuk bersubsidi dan mencegah terjadinya penyimpangan dalam penyaluran pupuk bersubsidi.

“Apalagi, Pusri berpedoman dengan aturan aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah yaitu untuk kegiatan distribusi atau pengadaan berpedoman pada Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 15 Tahun 2013 tentang Pengadaan dan Penyaluran Pupuk Bersubsidi untuk Sektor Pertanian,”tegasnya.

Baca Juga :   Wuling Targetkan 1000 Unit Terjual

Sedangkan untuk kegiatan penyaluran dan HET (Harga Eceran Tertinggi) dijelaskannya, berpedoman pada Peraturan Menteri Pertanian. Untuk pupuk NPK Bersubsidi, Pusri bertanggung jawab di wilayah Sumatra Selatan serta Jambi.

Dijelaskannya, untuk tahun 2019, Pusri mendapat alokasi kebutuhan sesuai Peraturan Menteri Pertanian untuk pupuk Urea Bersubsidi sebesar 1.146.670 juta ton/tahun dan pupuk NPK Bersubsidi sebesar 72.205 ton/tahun.

“Sampai dengan tanggal 27 November 2019, realisasi penyaluran untuk pupuk Urea Bersubsidi sebanyak 1.017.329 ton atau sudah mencapai 89 persen, sementara untuk NPK Bersubsidi sebanyak 70.098 ton atau 97 persen,” kata dia.

Sementara itu Manager Humas PT Pupuk Sriwidjaja, Hernawan L Sjamsuddin menambahkan, dalam menghadapi Musim Tanam l bulan Oktober 2019 Maret 2020, Pusri pada awal bulan November telah menyiapkan stok pupuk di Lini III Kkabupaten wilayah tanggung jawab untuk pupuk urea bersubsidi sebanyak 166.766 ton dan pupuk NPK bersubsidi sebanyak 6.795 ton.

Baca Juga :   Festival Sekolah Pasar Modal Berakhir

“Jumlah ini tiga kali lipat lebih banyak untuk urea bersubsidi dan dua kali lipat lebih banyak untuk NPK bersubsidi dari ketentuan yang dipersyaratkan oleh Pemerintah (Urea 55.333 ton dan NPK 3.557 ton),” bebernya.

Ia menuturkan dalam menjalankan kegiatan pengadaan dan penyaluran pupuk bersubsidi, Pusri berpegang teguh pada prinsip 6 tepat, yaitu tepat jenis, tepat jumlah, tepat harga, tepat tempat, tepat waktu dan tepat mutu. Prinsip ini berlaku di semua tingkatan jalur distribusi sampai ke tingkat petani yaitu dari Lini I (gudang pabrik pusri), Lini ll (gudang produsen di pelabuhan atau |bukota propinsi), Lini Ill (gudang produsen dan distributor di kabupaten/kota) hingga ke Lini IV (kios pengecer) sampai penyaluran ke petani dan atau kelompok tani. (ima)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Sumsel Harus Percepat Hilirisasi Komoditas

Palembang, KoranSN Sumatra Selatan dinilai harus segera mempercepat hilirisasi komoditas andalan provinsi itu di tengah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.