Home / Gema Sriwijaya / Ratusan Hektare Sawah di Lempuing Terendam Banjir

Ratusan Hektare Sawah di Lempuing Terendam Banjir

Tampak sawah terendam banjir. (foto-maniso/koransn.com)

Kayuagung, KoranSN

Intensitas hujan yang tinggi menyebabkan ratusan hektare persawahan di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) khususnya di Desa Kepahyang Kecamatan Lempuing terendam banjir dan mengancam tanaman padi para petani gagal panen.

Kades Kepayang Kecamatan Lempuing Supriyadi menuturkan, ini adalah kali keempat sawah ini terendam banjir. “Ini sudah empat kali tanam, dan empat kali banjir sehingga gagal panen. Total ada 200 hektare lahan sawah padi yang terendam,” katanya saat dihubungi wartawan,Selasa (12/2/2019).

Baca Juga :   Habibi Jabat Kasi Pidum, Andi Kasi Datun

Diakuinya, banjir ini kembali terjadi sejak dua pekan terakhir meskipun beberapa hari lalu sempat menyurut. “Kemarin sempat surut. Tapi ini naik lagi. Yang terendam ini 200 hektare dan padinya belum keluar. Tapi ada juga yang sudah keluar (berbuah), ini sudah kita laporkan agar ada solusi,”ujarnya.

Menurutnya, banjir yang kerap terjadi ini merupakan banjir kiriman yang mulai terjadi dalam beberapa waktu terakhir. “Solusinya kami para warga ini meminta agar Sungai Badak dilakukan normalisasi. Dulu pernah dinormalisasi, tapi sekarang tanggulnya banyak yang jebol. Jadi kalo hujan, airnya cepat naik, seperti hujan di Tugu Mulyo. Hujan saja langsung naik,”jelasnya.

Baca Juga :   Kesbangpol Cek Keamanan dan Kenyamanan Perusahaan di Rawas Ilir

Untuk kerugian lanjut Supriyadi, memang cukup banyak mulai dari bibit, pupuk karena padi yang terendam ini sudah dipupuk serta biaya operasional. “Hanya saja sawahnya belum diasuransikan,” tandasnya. (iso)

Konser Westlife di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Atasi Karhutla di Muba, Ratusan Brimob, Pol PP & BPBD Diterjunkan

Palembang, KoranSN Mengantisipasi meluasnya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di desa Muara Merdak, Bayung Lencir, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.