Ratusan Kendaraan Terjaring Operasi Zebra

Suasana razia Operasi Zebra di Lahat. (foto-robby/koransn.com)

Lahat, KoranSN

Sat Lantas Polres Lahat, Rabu (31/10/2018) menggelar Operasi Zebra Musi 2018 di sejumlah titik diantaranya; Jalan Mayor Ruslan, Pasar Baru Lahat serta di depan Kantor Sat Lantas Polres Lahat. Operasi ini dipimpin langsung Kasat Lantas Polres Lahat.

Dalam Operasi Zebra ini tampak ratusan pelanggar lalu lintas terjaring petugas tertib. Mulai dari pengendara yang tidak membawa kelengkapan surat menyurat wajib bagi pengendara, yakni berupa Surat Izin Mengemudi (SIM), STNK maupun pengendara yang tidak safety dalam berkendaraan.

Kapolres Lahat AKBP Roby Karya Adi SIK melalui Kasat Lantas AKP Rio Artha Luwih SIK menjelaskan, operasi ini untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas khususnya di Kabupaten Lahat.

“Melalui Operasi Zebra ini, 70 % yang kita lakukan penindakan maupun teguran, beda dengan operasi sebelumnya seperti Operasi Simpatik dengan cara bertindak kita lebih banyak ke teguran pada pengendara. Intinya ini untuk menekan angka kecealakan dalam berlalu lintas, karena kecelakaan itu diawali adanya pelanggaran,” terang Rio.

Baca Juga :   Pengedar Narkoba di Rusun Digerebek Saat Pesta Sabu

Menurutnya, pelanggaran memang banyak dilakukan oleh para pelajar, namun himbauan dan sosialisasi selalu diberikan ke sekolah-sekolah dengan cara petugas pengatur lalu lintas ini langsung mendatangi sekolah yang ada.

“Dalam operasi ini apabila kita temukan pelajar yang tidak safety dan membahayakan bakal kita tindak tegas berupa tilang di tempat. Harapannya, pelajar di Kabupaten Lahat ini bisa tertib berlalu lintas,” tegas Kasat.

Kasat menghimbau kepada pelajar yang sudah mencapai batas minimum pembuatan SIM bisa segera melakukan pengurusan SIM di Kantor Sat Lantas Polres Lahat.

Baca Juga :   Keluarga Korban Pembunuhan di Pink Cafe: Nyawa Dibayar Nyawa

“Bagi pelajar yang sudah memenuhi persyaratan dan berumur 17 tahun silahkan datang ke Sat Lantas Polres Lahat. Budaya tertib berlalu lintas cermin warga Kabupaten Lahat. Ingat, berkendara kebut-kebutan dan tidak memakai helm itu bukan suatu gaya tapi bahaya. Tertib berlalu lintas marih mulai dari diri sendiri,” pungkasnya.

Diketahui Operasi Zebra 2018 ini dilaksanakan serentak di seluruh wilayah Negara Indonesia selama 14 hari, terhitung tanggal 30 Oktober hingga 12 Nopember 2018. (rob)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

KPK Tahan Dirut PT PAL Budiman Saleh

Jakarta, KoranSN Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menahan Direktur Utama PT PAL Indonesia (Persero), Budiman Saleh …