Home / Gema Sriwijaya / Ratusan Petugas Pemuktahiran Data Pemilih Diturunkan di Lubuklinggau

Ratusan Petugas Pemuktahiran Data Pemilih Diturunkan di Lubuklinggau

Efriadi Suhendri (Foto-Istimewa)

Lubuklinggau, KoranSN

Ketua KPUD Kota Lubuklinggau, Efriadi Suhendri melalui Devisi Teknis, Efrizal mengatakan, guna mensukseskan dan mendapatkan data pemilih yang valid pada Pilkada, khususnya Pilgub Sumsel dan Pilwako Lubuklinggau, pihaknya bakal menurunkan 400 Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP), yang akan melakukan pencocokan dan penelitian (coklit ).

“Nanti ada 400 PPDP, plus PPK juga KPU yang akan turun dor to dor melakukan coklit data pemilih,” ujarnya.

Dengan dilakukan coklit tersebut sambung Efrizal, akan diketahui adanya penambahan ataupun pengurangan data pemilih. Hal itu bisa saja disebabkan ada yang meninggal, pindah (masuk/pergi) dari Kota Lubuklinggau, atau faktor lainnya. Semuanya diketahui setelah dilakukan coklits.

“Hasil coklits ini nanti menghasilkan data pemilih hasil tanggapan yang akan dipleno dan penetapan DPS,” katanya.

Dijelaskannnya, berdasarkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) terakhir pemilu 2014 jumlah Daftr Pemilih Tetap (DPT) Kota Lubukliggau sebanyak 154.693 pemilih. Dari jumlah itu, sebanyak 76.642 pemilih laki-laki dan 78.051 pemilih perempuan. Namun DP4 Kota Lubuklinggau 2018, berdasarkan data KPU RI yang disampaikan ke KPU Provinsi dan diteruskan ke KPU Kota Lubuklinggau hanya tercatat 152.491.

“Data KPU RI ini berdasarkan data yang disampaikan Kementrian Dalam Negeri (Mendagri), yang sudah dikonsolidasikan dan validasi kemudian sisinkronkan dengan data DPT,” ujarnya.

Sementara Ketua KPUD Kota Lubuklinggau, Efriadi Suhendri menambahkan, sebelum melakukan coklit, Sabtu besok (20/1/2018), secara serempat se Indonesia KPU akan menggelar apel PPDP.

“Untuk Kota Lubuklinggau akan dipusatkan di Lapangan Perbakin , Kelurahan Kayu Ara Kecamatan Lubuklinggau Barat I Kota Lubuklinggau atau depan Kantor KPUD Kota Lubuklinggau,” ungkapnya. (rif)

Publisher : Apriandi

Apriandi

Lihat Juga

Debat Kendidat Paslon di Empat Lawang di Alihkan Diluar Kabupaten

Empat Lawang, koranSN Guna mengantisipasi terulangnya peristiwa kericuhan yang terjadi saat deklarasi damai di Pulo ...

error: Content is protected !!