Home / Gema Sriwijaya / Ratusan Warga Lubuk Lambai Minta Bupati Mura Cabut Izin Perusahaan Diduga Cemari Kelingi

Ratusan Warga Lubuk Lambai Minta Bupati Mura Cabut Izin Perusahaan Diduga Cemari Kelingi


Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan
Ratusan warga desa Lubuk Rumbai Kecamatan Tuah Negeri Musirawas mendatangi kantor Bupati di Muara Beliti (Foto-Istimewa)

Musirawas, KoranSN

Ratusan warga Desa Lubuk Rumbai Kecamatan Tua Negeri Kabupaten Musi Rawas (Mura) menggeruduk Kantor Bupati Musi Rawas, Kamis (5/9/2018).

Pengunjukrasa memprotes pabrik pengolaan kelapa sawit oleh salah satu perusahaan. Perusahaan itu diduga sudah membuang limbah cair ke aliran Sungai Kelingi yang menyebabkan ribuan ikan mati serta puluhan masyarakat terkena penyakit gatal-gatal.

“Kami masyarakat Desa Lubuk Rumbai dengan segaja datang meminta Pemkab Musi Rawas mencabut izin perusahaan itu, karena ini sudah terjadi secara berkali-kali,” ungkap Hendri, Korlap yang memimpin unjuk rasa.

Baca Juga :   Bupati PALI Kukuhkan Pengurus Karang Taruna PALI Periode 2016-2021

Dijelaskan Hendri, massa meminta Bupati Mura, Hendra Gunawan agar mencabut izin atau menutup beroprasinya perusahaan itu karena perusahaan itu dengan segaja membuang air ke Sungai Kelingi yang berdampak akan kesehatan masyarakat.

“Penutupan perusan itu adalah harga mati. Perusahaan itu, perusahaan jahat yang sudah meracuni Sungai Kelingi dengan limbah sawit hingga berdampak banyak ikan mati. Kami meminta Pemkab agar menutup segera perusahaan itu. ‘Jangan Kau Cemari Lingkungan Kami, Mana Janjimu, Sungai Kelingi Sumber Kehidupan Kami, Kami Ingin Layak Pakai Kami Ingin Layak Konsumsi,” jelas Hendri penuh ambisi.

Baca Juga :   Sambut HUT Ke-60 Muba, Pemkab Gelar Ragam Perlombaan

“Secara permanen, selamatkan sungai kami dari pancemaran limbah oleh perusahaan jahan itu,” tambahnya.

Sementara itu, Asisten I Bidang Pemerintahan Kabupaten Musi Rawas, EC Priskodesi dihadapan ratusan masyarakat mengajak 20 orang perwakilan ujuk rasa untuk mediasi atara Pemkab, pihak perusahan, dan masyarakat. (rif)

Hotel Grand Inna Palembang

Wujudkan Milenial Cinta Tertib Lalu Lintas Berkeselamatan Menuju Indonesia Gemilang

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

Safari Ramadhan, Wagub Himbau Masyarakat OKI Hidupkan Kembali Lahan Tidur dengan Biaya Pemerintah

OKI, KoranSN Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H. Mawardi Yahya terus berkeliling melaksanakan shalat isya …