Ratusan Warga Teluk Betung Desak Usut Jual Beli Tanah Hibah

Warga Teluk Betung saat melakukan aksi mendesak usut jual beli tanah hibah. (foto-siryanto/koransn.com)

Banyuasin, KoranSN

Ratusan warga asal Desa Sumber Teluk Betung Kecamatan Pulau Rimau Kabupaten Banyuasin, Selasa (16/1/2018) mendemo kantor desa dan kantor camat setempat. Warga mendesak dilakukan pengusutan jual beli lahan/tanah hibah diatas Pasar Kalangan Desa Teluk Betung.

Aksi yang dikoordini oleh Mahali, Herman, Baharudin, Ba’ang dan Syawal itu sempat tertunda selama sepekan dari yang dijadwalkan, karena dilakukan lobi-lobi, namun tidak membuahkan hasil yang akhirnya, aksinya digelar di dua titik dan jalanya aksi mendapatkan pengawalan dari kepolisian dan satpol PP kecamatan setempat.

Selain meminta segala aktivitas pembangunan diatas lahan pasar dihentikan, massa aksi juga meminta Bupati Banyuasin SA Supriono menindak tegas, oknum yang terlibat masalah jual-beli lahan yang sudah dihibahkan untuk pasar. Jika itu PNS supaya dicopot dengan tidak hormat.
“Lahan itu dihibahkan untuk kepentingan umum, untuk kepentingan pelayanan masyarakat bukan untuk dikuasai secara pribadi atau perorangan dan ahli waris penghibah pun masih ada, maka hentikan pembangunan gedung menjadi milik segelintir oknum. Jika tidak diindahkan, (aksi) akan kami lanjutkan ke Pemkab dan DPRD Banyuasin,” kata Koordinator Aksi, Mahali.
Menurut Muhali, pembangunan diatas lahan pasar itu dulu dihibahkan oleh pemiliknya untuk dijadikan fasilitas umum,

Baca Juga :   Dewan Sepakati 4 Raperda Muratara

bangunan pasar bukan dijadikan hak milik pribadi bahkan diperjualbelikan dan lahan itu jelas ada surat aslinya yang dipegang oleh ahli waris.

Bupati Banyuasin Ir H Supriono yang berhasil diminta konfirmasinya via WhatsApp (16/01/2018) melalui Kadis Kominfo Erwin Ibrahim mengapresiasi, aksi massa warga Pulau Rimau berjalan aman dan damai. Pada akhirnya, pihak Camat Pulau Rimau, memediasi di lakukan di kantor camat setempat yang menyepakati untuk menempuh jalur hukum bagi pihak-pihak terkait. (sir)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Herman Deru: Saatnya Kita Berbuat Nyata Untuk Kelestarian Alam

OKUT, KoranSN Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), H Herman Deru mengatakan, momentum peringatan Hari Lingkungan …