Home / Wisata / Ratusan Wisatawan Dipastikan Hadiri Festival Bahari Raja Ampat

Ratusan Wisatawan Dipastikan Hadiri Festival Bahari Raja Ampat

Pemandangan alam Raja Ampat dari puncak destinasi wisata Telaga Manta Kepulauan Fam. (foto-antaranews)

Waisai, KoranSN

Ratusan wisatawan asing maupun domestik dipastikan menghadiri pelaksanaan Festival Bahari Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, pada 18 hingga 23 Oktober 2019.

Kepala Dinas Pariwisata Raja Ampat, Yusdi Lamatenggo di Waisai, Senin (14/10/2019) mengatakan, pada momentum Festival Bahari akan ada paket tour atau perjalanan wisata khusus yang diatur oleh travel G-TOUR, Ethnic Journey, serta Himpunan Pramuwisata Indonesia Kabupaten Raja Ampat.

Dia mengatakan, bahwa sekitar 200 wisatawan baik domestik maupun mancanegara akan mengikuti paket tour tersebut, meramaikan festival Bahari serta mengunjungi destinasi wisata alam Kepulauan Fam dan Teluk Mayalibit.

Baca Juga :   Dispar Kulon Progo Bina 11 Desa Wisata

Menurut dia, sebenarnya banyak wisatawan asing ingin datang ke Raja Ampat pada momentum Festival Bahari, namun konflik Papua akhir-akhir ini ditambah informasi pembatasan orang asing ke Papua membuat wisatawan ragu-ragu ke Raja Ampat.

“Beberapa waktu lalu Gubernur Papua Barat telah mengeluarkan surat yang menyatakan bahwa Papua Barat aman dan wisatawan boleh datang ke Papua Barat sebagai upaya agar wisatawan mengunjungi Raja Ampat,” ujarnya.

Dikatakan, persiapan Festival Bahari sudah hampir final baik persiapan di lokasi acara maupun destinasi yang akan dikunjungi oleh wisatawan.

Baca Juga :   Indahnya Air Terjun Penganingan dan Gunung Nyawe

Ia mengungkapkan, Festival Bahari merupakan salah ajang promosi sehingga pemerintah daerah terus berupaya agar pelaksanaannya dari tahun ke tahun semakin baik.

Selain itu, kata dia, pemerintah daerah mendorong agar pelaksanaan Festival Bahari benar-benar membawa dampak pertumbuhan ekonomi masyarakat lokal.

“Tahun lalu Festival Bahari Raja Ampat mendapat penghargaan nasional sebagai festival nomor satu untuk kategori alam dan juara tersebut akan dipertahankan pada pelaksanaan tahun ini,” tambah dia. (Antara/ded)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Kampung Toda Jadi Rumah Singgah Wisatawan

Sumba Barat Daya, KoranSN Kampung Toda, sebuah perkampungan berisi 22 rumah tradisional di Desa Pero …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.