Home / Kota Musi / Realisasi APBN di PUBM Provinsi Sumsel Nihil

Realisasi APBN di PUBM Provinsi Sumsel Nihil

Ilustrasi perbaikan jalan (foto/Ferdinand)
Ilustrasi perbaikan jalan (foto/Ferdinand)

Palembang, KoranSN

Sampai dengan triwulan I, realisasi anggaran dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) di Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (PUBM) Sumsel, nihil atau belum terealisasi. Padahal beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) sudah menunjukkan realisasi meskipun belum optimal.

“Masa selama triwulan I, realisasi nya belum ada, jadi kemana PUBM selama triwulan I,” tanya Kepala Ditjen Perbendaharaan Negara (DJPBN) Sumsel Sudarso, Senin (11/4/2016).

Berdasarkan data yang ada, sambung Sudarso pada triwulan I dari total paket pengerjaan jalan sepanjang 119 KM dan pagu anggaran Rp 21 miliyar belum ada yang terealisasi. Hal tersebut sangat disayangkan padahal seharusnya realisasi ini segera dilakukan sehingga dapat dinikmati oleh masyarakat. Karena itu, realisasi ini harus cepat dilakukan, meskipun saat ini baru memasuki triwulan II tahun 2016.

Baca Juga :   Tidak Daftar Ulang, PNS Tidak Akan Dilayani

“Kami tidak tahu kendala terhambatnya realisasi ini, tapi seharusnya, semakin cepat realisasinya maka semakin baik, sehingga masyarakat dapat menikmati jalan tersebut,” harapnya.

Dijelaskannya, untuk paket pengerjaannya sendiri, yang terpanjang yakni paket pengerjaan jalan di Muara Enim dengan total pagu Rp 1,9 miliar.

“Untuk paket pengerjaan terpanjang yakni jalan Sp Belimbing-bts Muara Enim sekitar 43 KM,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PUBM Provinsi Sumsel, Syamsul Bahri membantah, bahwa terjadi keterlambatan terhadap realisasi APBN di PUBM. “Ya, tidak ada yang terlambat, sebagian sudah direalisasikan,” katanya.

Baca Juga :   Ratu Dewa: Saya Yakin Pol PP Bisa Jalankan Tugas dengan Baik

Sejauh ini, sambung Syamsul, realisasi pengerjaan paket jalan dari APBN sudah mencapai sekitar 11 persen. Sedangkan sisanya masih dalam tahap proses tender. “Sisanyanya masih dalam proses tender, jika tender selesai maka pengerjaan dapat dilakukan,” terangnya.

Untuk dana APBD sendiri, dirinya mengaku sampai saat ini belum ada realisasinya, karena memang belum melakukan tender. “Ya, secepatnya kami akan melakukan proses tender,” singkatnya. (wik)

Publisher : awik obsesi

Avatar

Lihat Juga

Sumsel Jadi Tuan Rumah HUT TMII Tahun 2020

Palembang, KoranSN Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Tahun 2020 mendatang, mendapatkan kehormatan menjadi icon sekaligus didaulat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.