Realisasi DD Desa Noman Capai 99 Persen

Tim monitoring Kecamatan Rupit foto bersama dengan Kades Noman, BPD dan Perangkat Desa usai monitor pembangunan sarana fisik yang menggunakan DD. (foto-sunardi/koransn)

Muratara, KoranSN

Realisasi anggaran dana desa (DD), alokasi dana desa (ADD) dan bantuan gubernur (Bangub) Sumsel tahun 2019 di Desa Noman, Kecamatan Rupit, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) sudah mencapai 99 persen.

Hal ini berdasarkan tinjauan hari kedua Tim Monitoring dari Kacamatan Rupit dalam penggunaan DD, ADD, dan Bangub di Desa Noman dan Desa Noman Baru. “Realisasi DD yang belum, tinggal Dana BUMDes nya saja, karna saat ini kepengurusan BUMDes Noman masih dalam proses pergantian. Makanya dana tersebut belum kita cairkan,” kata Kepala Desa (Kades) Noman, Taufik Haris, Kamis (16/1/2020).

Baca Juga :   Lomba Gerak Jalan Warnai HUT Proklamasi ke 74 di Lubuklinggau

Ia menjelaskan, dari seluruh dana APBDes Desa Noman yang bersumber dari DD, ADD, Bangub, dan pendapatan lainnya yang sah digunakan untuk empat bidang kegiatan.

“Pertama bidang penyelenggara pemerintah desa, seperti pembayaran tunjangan perangkat Desa, lembaga desa, operasional Pemdes, dan lain lain. Kemudian bidang kegiatan pembangunan seperti peningkatan jalan poros desa, drainase, box culvert, jambanisasi rumah masyarakat miskin,” katanya.

Selanjutnya bidang pembinaan masyarakat seperti pembayaran tunjangan linmas. Dan terakhir bidang pemberdayaan seperti sosialisasi, pembayaran tunjangan guru ngaji, guru TK, guru PAUD, lembaga adat, marbot, operasional PKK, karang taruna, LPM, Posyandu, dan pengembangan sarana air bersih desa.

Baca Juga :   Gubernur Sumsel Bentuk Penghubung Urusan Keagamaan Tingkat Desa

Sementara itu Kades Noman Baru, Aima Amirudin mengatakan realisasi DD, ADD, dan Bangub di Desa Noman Baru sudah mencapai 90 persen.

“Yang 10 persennya masih dalam proses pembangunan,” katanya. (snd)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Bupati Muratara Instruksikan Siswa Belajar di Rumah Hingga 6 April 2020

Muratara, KoranSN Dalam upaya pencegahan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.