Home / Kota Musi / Rekayasa Lalin Bawah Ampera Efektif

Rekayasa Lalin Bawah Ampera Efektif

Rekayasa lalu lintas yang diterapkan di bawah Jembatan Ampera dinilai efektif mengurangi kemacetan yang kerap terjadi di kawasan tersebut. (foto/Ferdinand)
Rekayasa lalu lintas yang diterapkan di bawah Jembatan Ampera dinilai efektif mengurangi kemacetan yang kerap terjadi di kawasan tersebut. (foto/Ferdinand)

Palembang, KoranSN

Rekayasa lalu lintas (Lalin) yang di gelar di bawah Jembatan Ampera oleh Dinas perhubungan (Dishub) Kota Palembang bekerjasama dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) dan Polsek Ilir Barat (IB) II, Kamis (14/4/2016), dinilai efektif dalam mengurangi penumpukan kendaraan sebagai penyebab utama kemacetan di kawasan tersebuit.

Kadishub Kota Palembang, Sulaiman Amin memjelaskan, kemacetan terjadi disebabkan selama ini angkutan umum seperti Angkutan Kota (Angkot) sering kali menurunkan atau menaikan penumpang dengan seeenaknya sehingga kenyamanan para pengguna jalan ynag lain merasa terganggu.

“Oleh sebab itu, kita melakukan rekayasa dengan mengubah lajur menjadi dua, yakni sebelah kanan untuk kendaraan pribadi. Sedangkan yang kiri itu untuk angkutan umum,” terangnya.

Baca Juga :   6 Kawasan Rawan Kebakaran

Dalam hal ini, lanjut Sulaiman, pihaknya akan menggelar rekayasa lalin tersebut selama satu bulan kedepan sebagai uji coba.

“Jika satu bulan dirasa belum cukup maka kita tambah lagi satu bulan hingga tiga bulan. Hingga arus lalin yang berada di daerah ini bisa benar-benar lancar demi kenyamanan dan kepentingan kita semua,” tukasnya.

Selain itu, pihaknya juga akan tetap mengawasi tempat parkir yang tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku di kawasan tersebut.

“Kita akan tetap awasi kawasan ini, kurang lebih akan ada 15 orang dari Dishub dan 15 orang lagi dari Satpolpp untuk menjaga kawasan ini selama uji coba rekayasa lalin ini berlangsung,” ungkapnya.

Baca Juga :   Hanura Sumsel Pilih Dodi Reza Alex

Sementara itu, salah satu sopir angkot, yayang mengungkapkan, sebagai sopir angkutan umum dirinya mengaku sangat setuju dengan diterapkannya peraturan lalin yang baru tersebut.

“Saya setuju-setuju saja, malah dengan adanya peraturan seperti ini lebih bagus,sebab para pengendara angkot jadi lebih tertib . Dan para pengendara lain juga akan merasa nyaman,” katanya. (tya)

Publisher : Anton Wijaya

Avatar

Lihat Juga

Cegah Kebakaran Lahan, Babinsa Kodim Palembang Tingkatkan Patroli dan Sosialisasi

Palembang, KoranSN Guna mencegah terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di kawasan yang rawan kebakaran, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.