Ribuan E-KTP Menumpuk, Disdukcapil: Warga Malas Ngambil

Ilustrasi. (foto/net)
Ilustrasi. (foto/net)

Palembang, KoranSN

Terhitung ada ribuan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) menumpuk di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palembang. Menurut Kepala Disdukcapil, Ali Subri, hal ini dikarenakan pemilik e-KTP tersebut enggan atau malas mengambilnya.

“Mereka (warga) ini malas ngambil, kalau butuh mendesak seperti membuat paspor atau kepentingan lainnya baru mereka buru-buru mengambilnya. Kalau tidak ya seperti ini, dibiarkan seolah-olah tidak dibutuhkan. Ada sekitar 2.646 e-KTP yang belum diambil,” ungkapnya, saat diwawancarai dikantornya, Kamis (10/11/2016).

Padahal, lanjut Ali, Disdukcapil sendiri telah melakukan pemberitahuan melalui SMS kepada para warga. Bahkan itupun dilakukan berkali-kali untuk memastikan jika informasi terkait pengambilan KTP benar-benar sampai kepada warga. E-KTP yang belum diambil ini dicetak dari bulan Juli hingga Oktober 2016, baik itu yang susulan ataupun yang mencetak ulang.

Baca Juga :   Galery Batu se Indonesia Hadir di Palembang

“Kita SMS berulang-ulang, hingga 3 kali malah. Ini tentang perilaku dan Attitude, kalau harus mengambilnya di moment tertentu kan repot, berdesak-desakan. Ini sudah diberitahu di waktu yang senggang malah tidak mau ngambil,” imbuhnya.

Ali mengatakan, kalau sudah diinfokan sejak 6 bulan lebih belum diambil, pihaknya akan akan meretribusikan e-KTP ke Kecamatan.

“Dihimbau kepada warga yang merasa belum mengambil e-KTP, silahkan diambil di Disdukcapil, Jangan ditunda-tunda, apa susahnya kan enggak pakai duit,” tukasnya.

Hingga kini, Ali menjelaskan, proses perekaman e-KTP di Palembang untuk semester pertama telah mencapai 1,6 juta per 2 November lalu.

“Itu artinya sudah selesai hingga 99,5 persen. Dan yang belum melakukan perekaman masih sekitar 2.400 orang lagi, ini berdasarkan data pusat,” terangnya.

Baca Juga :   Pangdam, Kapolda dan Gubernur Pantau Karhutla di Musi Banyuasin

Untuk itu, pihaknya optimis, semua perekaman akan selesai pada November ini. Karena sistem perekaman ini bersifat dinamis.

“Berkat bahu membahu antara camat dan kelurahan, dan juga kegiatan gotong royong setiap hari Minggu dalam melakukan perekaman kegiatan e-KTP, kita optimis semau akan selesai pada November ini. Selain itu, kita juga melakukan sosialisasi ke sekolah dan di mall,” pungkasnya. (tya)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Anton Wijaya

Avatar

Lihat Juga

15 Ribu Pelanggan Masuk Daftar Tunggu PDAM

Palembang, KoranSN Guna memenuhi kebutuhan pelayanan air bersih yang masih belum tercukupi, Perusahaan Air Minum …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.