Home / Kota Musi / Ribuan Jamaah Sholat Ied di Polda Sumsel

Ribuan Jamaah Sholat Ied di Polda Sumsel

Suasana Sholat Idul Adha 1440 H di Lapangan Mapolda Sumsel.(foto-dedy/koransn)

Palembang, KoranSN

Sebanyak 3.180 jamaah melaksanakan Sholat Idul Adha 10 Dzulhijjah 1440 H tahun 2019 di Lapangan Mapolda Sumsel, Minggu pagi (11/8/2019).

Adapun jamaah yang hadir dalam Sholat Idul Adha tersebut diantaranya, PJU (Pejabat Utama) Polda Sumsel, para anggota kepolisian dan ASN Polda Sumsel, Bhayangkari Daerah Sumsel serta masyarakat sekitar Masjid As-Sa’adah Mapolda Sumsel.

Juha hadir dalam Shalat Idul Adha tersebut, Kapolda Sumsel Irjen Pol Firli dan Wakapolda Brigjen Pol Denni Gapril serta Ketua Bhayangkari Sumsel Dina Firli. Pelaksanaan Shalat Idul Adha yang diselenggarakan di Mapolda Sumsel ini mengambil tema, ‘Dengan Nilai Ibadah Kurban Kita Tanamkan Semangat dan Ketulusan Dalam Pengabdian Kepada Bangsa dan Negara’.

Baca Juga :   Wagub Ishak Mekki Buka Turnamen Futsal

Dalam Sholat Idul Adha berjamaah ini bertindak sebagai Imam dan Khotib, yakni DR H Paisal Burlian. Dalam Khotbah yang mengusung tema ‘Mengurai Makna dan Hikmah Ibadah Kurban dan Haji’ ia mengatakan, berkurban harus dilakukan ikhlas dan siap mengorbankan sebagian harta untuk orang lain.

“Jadi, pada hakikatnya perlu kita camkan, bahwa semuanya adalah milik Allah SWT. Dikarenakan ibadah kurban adalah untuk Allah SWT, maka sudah seharusnya kita memberikan hewan kurban yang terbaik yang kita punya. Prinsip ini akan menjadi bagian dari ketaatan kita kepada Allah,” ujarnya.

Baca Juga :   Sampah Bercampur Genangan Air Menumpuk di Jalan Protokol

Masih dikatakannya, jika hikmah lain dari ibadah kurban dapat dilihat dari makna kata kurban itu sendiri. Dimana kurban dalam bahasa Indonesia berarti dekat. Oleh karena itu, kurban dapat diartikan mendekatkan diri kepada Allah dengan menjalankan segala perintah dan menjauhi larangan-Nya melalui wasilah hewan ternak yang dikurbankan atau disembelih.

“Ibadah selanjutnya yang identik dengan Hari Raya Idul Adha adalah ibadah haji ke tanah Suci Makkah. Ibadah haji merupakan kewajiban bagi umat Islam yang memiliki kemampuan,” tandasnya.(ded)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Ibu Negara Iriana Bagi-bagi Hadiah Sepeda

Palembang, KoranSN Dalam rangkaian kunjungan kerjanya di Provinsi Sumatera Selatan, Ibu Negara Republik Indonesia Hj …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.