Ridho Yahya Bersanding dengan Kolom Kosong

Ir H Ridho Yahya MM. (foto-dok-andifatra/koransn.com)

Prabumulih, KoranSN

Pasangan Bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota Prabumulih Ridho Yahya-Ardiansyah Fikri bakal melawan kotak kosong, pada Pilkada Prabumulih, Juni mendatang. Di surat suara nanti, pasangan incumbent ini akan bersanding dengan kolom kosong tanpa gambar.

Ketua KPU Kota Prabumulih M. Takhyul mengatakan, pemilihan kepala daerah dengan pasangan calon tunggal tidak ada bedanya dengan pemilihan kepala daerah yang ada lawan pasangan calon politiknya.

“Pada waktu pencoblosan nanti, yang akan dipilih Paslon tunggal atau kolom yang tidak ada gambar atau kolom kosong,” terang Takhyul, Minggu (14/1/2018).

“Jadi, istilah dengan sebutan kotak kosong itu hanya sebutan be yang marak di masyarakat. Yang benar itu, kolom kosong yang mana jumlah suara pemilih tetap akan di hitung suaranya dan pasangan calon (paslon) tunggal di nyatakan menang jika mampu mengumpulkan suara sah sebanyak 50 persen plus 1,” ungkapnya lagi.

Baca Juga :   Tolak Politik Dinasti, Demokrat: Syahwat Bangun Politik Dinasti Harus Dicegah!

Ia menerangkan, jika kolom kosong ternyata mendulang jumlah suara lebih dari 50 persen plus 1 atau lebih banyak dari pasangan calon, maka pemenangnya, kolom kosong.

“Artinya sudah ditetapkan bagi paslon tunggal bagaimana tekhnisnya dan mekanismenya di dalam Pemilukada dan Paslon tunggal bisa menang atau kalah melawan kolom kosong, jika Paslon kalah maka akan digelar kembali pemilihan ulang sekitar dua tahun lagi, yakni pada tahun 2020 dan selama menunggu pemilihan Pilkada tersebut maka yang akan memimpin Pemkot Prabumulih, yakni Pejabat Sementara (PJS) yang ditunjuk oleh Gubernur Sumsel,” tandasnya. (and)

Baca Juga :   13 Ribu TNI Amankan Pilkada Serentak di Sumsel
Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

6 Daerah Diverifikasi Sebagai Penerima Penghargaan Swasti Saba

Palembang, KoranSN Aspek lingkungan memberikan banyak dampak terhadap kehidupan makhluk hidup. Karena itu, dibutuhkan upaya …